Ternyata Jenius Bisa Dipakai Untuk MRT dan Bus di Singapore Loh! Ini Dia Caranya!

Agar travelling mu semakin mudah, kamu bisa gunakan Jenius di Singapore. Sebelumnya kamu harus tau caranya dulu loh, yuuk simak!


Singapore menjadi salah satu destinasi wisata luar negeri yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia pada umumnya. Saat melancong ke Singapore, banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk berpergian ke tempat-tempat wisata setempat. Diantaranya adalah MRT (Mass Rapid Transit) dan Bus. Untuk bisa menggunakan transportasi tersebut kamu harus memiliki kartu perjalanan yang didalamnya sudah berisikan saldo untuk pembayaran tiap perjalanannya. Salah satu contohnya adalah EZ-Link.

Untuk masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan Jenius, yaitu aplikasi perbankan digital yang dilengkapi dengan kartu debit Visa untuk membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keuangan dengan lebih mudah, cerdas, dan aman. 

Kartu perbankan digital ini ternyata bisa digunakan untuk pembayaran transportasi di Singapore loh yooreaders! Kamu gak perlu lagi membeli kartu khusus untuk perjalanan, kamu bisa gunakan kartu Jeniusmu tetapi ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum menggunakannya. Ini dia caranya!

Pindahkan Saldo IDR ke SGD

Agar lebih murah biayanya, ada baiknya kamu pindahkan dulu saldo Rupiah mu ke mata uang SGD. Nantinya biaya yang akan terpotong sesuai dengan tarif setara dengan mata uang SGD, kamu tetap bisa gunakan Jenius dengan saldo IDR atau Rupiah tetapi kemungkinan akan sedikit lebih mahal daripada kamu pindahkan ke saldo SGD terlebih dahulu.

Cara pindahkannya adalah kamu tinggal klik simbol (+) di mata uang SGD yang berada di sebelah saldo IDR-mu. Karena kamu akan menukar dari IDR ke SGD maka kamu pilih pilihan yang Beli. Lalu kamu masukan berapa jumlah SGD yang akan kamu beli, untuk SGD1 bekisar sebesar Rp 10.300 bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi dan bisa berubah kapan saja.

Nah misalnya kamu ingin menukar sebanyak SGD15, tinggal masukkan ke kolom Beli lalu dibawahnya kamu akan diberitahu berapa rupiah yang harus kamu tukar untuk SGD15. Seperti contoh dibawah ini:

Kemudian akan ada pilihan seperti dibawah ini:

Kamu hanya tinggal men-checklist yang berada dibawah nilai yang akan kamu tukar lalu kamu bisa klik tombol BELI. Dan transaksi pemindahan IDR ke SGD telah selesai. Lalu langkah selanjutnya adalah..

Aktifkan SGD Menjadi Saldo Utama

Agar nantinya yang terpotong adalah saldo SGDmu, kamu harus mengaktifkan saldo SGD menjadi saldo utamamu. Kamu bisa klik pilihan Card Center, lalu kamu buka dipiliha m-Card.

Klik mata uangnya lalu pilih "Jadikan SGD sebagai saldo utama". Tada! Saldo SGD mu sudah menjadi saldo utama, jadi nantinya saat kamu melakukan transaksi menggunakan Jenius di Singapore kamu bisa langsung Tap dan semua transaksi akan terpotong di saldo SGD milikmu.

Nantinya Jenius akan memberi notifikasi berupa akumulasi biaya transportasi yang sudah kamu lakukan dalam satu hari. Selain untuk transportasi MRT dan Bus, kamu juga bisa gunakan Jenius untuk semua pembayaran debit yang ada lambang Visa nya dan semuanya tidak ada pajaknya asal kamu sudah pindahkan saldonya ke SGD.

Nah itu semua cara agar kamu bisa menggunakan Jenius di Luar Negeri, khususnya di Singapore. Mungkin akan berbeda jika kasusnya di negara lain. Semoga bermanfaat ya Yooreaders! Selamat mencoba 🙂


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend