Talent Acquisition, Profesi Memburu Talent Terbaik

SDM yang baik bisa menjadi kunci untuk memajukan perusahaan, dan yang bertugas untuk mendapatkannya adalah para Talen Acquisition


1
16 shares, 1 point

Apa sih profesi Talent Acquisition ini? Dulu mungkin lebih dikenal dengan posisi Recruitment Officer, Recrutment Staff, atau Recruitment Specialist. Semua ini bisa merujuk kepada banyak terminologi sesuai dengan yang dipakai oleh sebuah perusahaan. Yang pasti, terminologi ini berguna untuk menunjukan posisi yang bertanggung jawab dalam melakukan proses dan memastikan kebutuhan pengadaaan karyawan di dalam perusahaan guna mengisi posisi yang kosong. Saat ini, penggunaan istilahTalent Acquisition menjadi lebih umum karena disesuaikan dengan perusahaan yang ingin mendapatkan talenta bukan hanya sekedar pekerja.

Dari tanggung jawab tersebut jelas terlihat bahwa posisi ini sangat penting bagi sebuah perusahaan. Karena selain pilar bisnis komersial, teknologi,  keuangan dan operasional, pilar Sumber Daya Manusia (SDM) adalah hal  yang sangat penting. Tanpa SDM yang baik, tidak akan ada perusahaan yang  dapat mencapai tujuannya.

Posisi Talent Acquisition ini berada di lingkup area fungsi SDM atau istilah keren yang saat ini banyak dipakai oleh perusahaan besar adalah Direktorat Human Capital. Talent acquisition ini adalah pintu pertama calon karyawan atau kandidat yang akan bergabung dalam perusahaan, sehingga secara lebih rinci tugas dan tanggung jawab  seorang Talent Acquisition adalah;

  1. 1 Mempersiapkan Position Requirement


    Seorang Talent Acquisition harus menentukan persyaratan yang dibutuhkan untuk sebuah posisi, contohnya: persyaratan minimum pendidikan, pengalaman, dan yang utama menentukan kompetensi dasar untuk posisi tersebut. Yang dimaksud dengan kompetensi dasar adalah kemampuan komunikasi, ketelitian, proaktif dan lainnya

  2. 2 Menentukan Rencana Promosi


    Merencanakan promosi posisi kosong tersebut yang ditinggalkan adalah salah satu tugasnya. Talent Acqusition harus menentukan apakah posisi kosong akan diisi dari internal perusahaan atau dari luar. Jika dari luar tentu bisa menggunakan portal job board (loker), referensi, dan yang saat ini sangat populer adalah dengan media  sosial.

  3. 3 Sortir Lamaran


    Melakukan sortir atas lamaran atau Curriculum Vitae, yang diterima juga menjadi tugas dari jabatan ini. Pemeriksaan lamaran dilakukan untuk memastikan kecocokan kebutuhan secara administrasi.

  4. 4 Melakukan Proses Interview


    Seorang Talent Acquisition akan melakukan proses interview awal dan bertemu dengan kandidat untuk memastikan bahwa kandidat ini secara 'profil’ pribadi dan potensinya memiliki kecocokan dengan value perusahaan. Ini sangatlah penting, selain skill dan knowledge, seseorang cenderung akan berhasil jika mempunyai kecocokan dengan Nilai atau Value dari perusahaan tempatnya bekerja.

  5. 5 Rekomendasi


    Setelah semua proses selesai, akhirnya yang bersangkutan akan memberikan rekomendasi kepada calon atasan, atau istilah yang sering dipakai adalah 'User'. Calon pegawai yang mendapatkan rekkomendasi, akan dipanggil kembali untuk melakukan interview lanjutan secara langsung dengan User tersebut. User ini lah yang bersama dengan Talent Acquisition akan mengkalibrasi terkait keputusan penerimaan.

Lalu siapa saja yang bisa mempunyai profesi Talent Acquistion? Posisi ini dapat dimulai dari Junior hingga Senior. Jika sudah Senior kamu bahkan bisa mendapatkan predikat 'Head Hunter', yang akan memproses akuisisi Talent untuk posisi Senior dan Strategis yang menentukan arah perusahaan.



Jadi, apakah kamu tertarik untuk memilki profesi sebagai Talent Acquisition?


Like it? Share with your friends!

1
16 shares, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
2
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
10
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Eka Sudjana

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend