Simak 8 Tips Agar Freelance Bisa Jadi Pekerjaan Utama

Jadi bos untuk diri sendiri adalah impian semua orang, tetapi apakah kalian siap untuk menerima konsekuensi pendapatan yang belum pasti?


Banyak keuntungan yang bisa didapat jika kamu bekerja sebagai freelancer.  Keuntungan yang paling utama adalah kamu tidak perlu terikat dengan  tempat dan waktu. Kamu bisa kerja kapanpun dan dimanapun yang kamu suka asalkan kerjaanmu selesai. Selain itu, jika kamu tinggal di kota sesibuk Jakarta, kamu bisa ucapkan selamat tinggal kepada macet yang selalu jadi  keluhan teman-temanmu, para pekerja kantoran.

Namun apakah benar kenyataannya seindah itu? Faktanya, tidak sedikit freelancer yang merasa kesulitan untuk mengandalkan pekerjaannya sebagai pendapatan utama. Hal ini dikarenakan pemasukan yang didapat seringkali tidak tetap, bahkan terkadang bisa nihil selama berbulan-bulan. Berikut beberapa yang sudah dirangkum melalui Hipwee (7/7/2017) tips agar gaji dari  profesi freelancer bisa jadi pemasukan utama.

 

 

 

Tawarkan Lebih Dari Satu Jasa

Pelajari ilmu-ilmu lain untuk memperluas katalog jasa yang bisa kamu sediakan. Banyak situs-situs yang menawarkan online course yang bisa diterapkan dalam bisnis freelance. Atau jika kamu tidak menemukan situs tersebut, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai video tutorial di youtube.

Pilih Lebih Dari Satu Tempat Kerja

Tempat  kerja yang  dimaksud ini bukan mengacu kepada lokasi kantor. Di era  perkembangan  teknologi yang sangat cepat saat ini secara tidak langsung  telah  mempermudah koneksi antara setiap orang di dunia.

Sekarang ini sudah banyak situs penyedia pekerjaan bagi para freelancer dimanapun kamu atau pemberi pekerjaan berada. Kamu bisa mengambil   beberapa pekerjaan sekaligus, atau bahkan mendaftar di beberapa situs   yang berbeda.

Pilih Proyek Jangka Panjang

Proyek  yang bisa dikerjakan dalam jangka panjang akan membuatmu berada di  situasi yang relatif lebih stabil. Hal ini juga bisa membuatmu mencari  pekerjaan freelance lain yang bisa dikerjakan dengan waktu yang singkat dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Promosikan Dirimu

Kamu bisa memberi informasi mengenai ­skill-skill­ yang menjadi keahlian kamu di berbagai sosial media yang kamu punya. Jangan lupa untuk mempromosikan dirimu secara langsung ketika sedang berbincang dengan  sahabat atau kerabatmu. Selain kamu akan dikenal luas, mungkin saja  klien berikutnya merupakan kenalan dari sahabat atau kerabatmu.

Sediakan Lebih Dari Satu Gadget

Lengkapi amunisimu! Gadget sekarang ini bukan hanya alat untuk komunikasi dan hiburan, tapi juga bisa digunakan untuk bekerja. Maksimalkan penggunaan gadget yang kamu miliki untuk membantumu dalam bekerja. Misalnya, kamu bisa membuat presentasi di smartphone atau laptop ketika sedang menunggu teater bioskop dibuka saat ingin menonton film kesukaanmu.

Tentukan Deadline

Menjadi seorang freelancer bukan berarti kamu bisa kerja seenaknya. Kamu juga harus menyelesaikan  pekerjaanmu sesuai dengan target yang ditentukan oleh klien. Jadi,  jangan  lupa buat deadline untuk dirimu sendiri dan disiplin  pada jadwal yang sudah ditentukan. Dengan demikian, selain pekerjaan  akan selesai tepat waktu, kamu juga bisa punya waktu santai yang lebih  banyak.

Pertimbangkan Untuk Investasi

Pikirkan cara untuk mengamankan pundi-pundi hasil kerja kerasmu sebagai freelancer. Jangan sampai hasil kerja keras yang sudah dikumpulkan hilang tanpa kamu sadari. Cobalah mengalokasikan penghasilan untuk investasi seperti  berjualan melalui toko online, atau kamu juga bisa ikut investasi yang sudah banyak tersedia dan dapat diikuti dengan dana yang tidak terlalu besar.

Bergabunglanh Dengan Komunitas Freelancer

Jika kamu sudah bergabung dengan komunitas freelancer, maka kesempatan untuk memperluas koneksi juga terbuka lebar. Kamu bisa mendapatkan tawaran proyek atau kolaborasi melalui komunitas. Melalui  komunitas, kalian juga bisa sekedar sharing tentang pengalaman  kerja, mendapatkan info bermanfaat, tips & trik, bahkan bukan tidak  mungkin siapa tahu kamu juga bisa dapat jodoh.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend