Podcast, Konten Suara On Demand Pilihan Generasi Muda

Pilihan alternatif untuk kamu yang tidak punya waktu untuk menonton video


Konten digital saat ini lebih banyak merangkul konsumen dibandingkan siaran TV atau radio konvensional. Contoh nyatanya bisa dilihat bagaimana Youtube masuk menggantikan televisi secara perlahan. Belum lagi kemunculan layanan streaming premium seperti Spotify untuk musik atau Netflix untuk film yang semakin relevan dengan kehidupan saat ini.

Salah satu konten digital yang cukup populer di kalangan generasi muda adalah Podcast. Beberapa tahun kebelakang mungkin banyak yang tidak mengerti dengan podcast. Tapi konten siaran suara on demand mulai kembali populer dan memiliki fans sendiri.

Bedanya podcast dengan radio

Berbeda dengan radio yang harus didengar pada jam tertentu untuk siaran yang kamu mau, podcast bisa didengarkan kapan saja (on demand) dan dimana saja. Selain itu, perbedaan utama antara radio dan podcast adalah sinyal yang digunakan. Walaupun saat ini radio sudah banyak yang bersifat streaming online, tapi tetap saja media utamanya adalah sinyal radio.

Istilah Podcast sendiri muncul dari Ben Hemmersley, seorang jurnalis dan pemerhati teknologi asal Inggris. Terdiri dari perpaduan kata iPod, gadget pemutar musik keluaran Apple, dan broadcast (siaran) dan jadilah Podcast. Awal mula istilah ini muncul ketika Ben menulis sebuah artikel di koran The Guardian di tahun 2004. Walaupun podcast sebetulnya bisa didengarkan melalui media apapun, tapi perilisan iPod bersamaan dengan lahirnya podcast dan Apple juga saat itu benar-benar serius memberikan dukungannya melalui iTunes

Sebenarnya ada istilah lain yang bisa digunakan selain podcast, misalnya netcast karena tidak ingin identik dengan Apple. Tapi banyak juga yang tidak masalah dengan istilah podcast namun kata pod mengacu kepada 'protable on demand'.

Jenis yang beragam

Kelebihan podcast yang membuat media ini populer adalah jenisnya yang sangat beragam. Selain itu, podcast juga sangat fleksibel karena dapat didengarkan kapanpun, dimanapun tanpa ada jeda (gangguan) seperti iklan atau lagu yang diputar di tengah obrolan. Yang juga digemari banyak orang, podcast bisa didengarkan sambil bekerja atau beraktivitas tanpa harus terpaku pada layar gadget.

Saat ini ada banya sekali pilihan jenis podcast yang bisa kamu dengarkan. Mulai dari motivasi, cerita inspirasi, tips dan trik, fitness, komedi, serial fiksi atau kriminal, dan masih banyak lainnya. Di Indonesia, ada beberapa podcast yang cukup populer contohnya; Podcast Awal Minggu, Inspigo, Ibu-Ibu Yacult, Muda Cuma Sekali dan masih banyak lainnya tergantung dengan hobi dan kesukaan kamu. Podcast bisa kamu dengarkan melalui Spotify, iTunes, Apple Podcast, Google Play Music, Pocketcast dan masih banyak lainnya.

Podcast saat ini memang belum sepopuler konten video. Tetapi podcast bisa menjadi salah satu media untuk kamu yang ingin menjadi content creator tapi masih malu muncul di layar. Podcast juga lebih sederhana dalam hal editing dibanding video, jadi kamu bisa mulai dulu dari podcast sebelum main di Youtube. 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend