Perhatikan Tiga Bagian Penting Ini Saat Membuat CV

Jumlah halaman, jenis dan ukuran font perlu diperhatikan dalam membuat CV


Sumber gambar:https://cdn.pixabay.com/photo

Dalam membuat CV (curriculum vitae) tentunya fokus utama kita adalah daftar riwayat hidup dari latar belakang pendidikan, pengalaman, hingga skill yang kita miliki. Selain itu, memilih desain juga merupakan bagian penting saat kalian membuat CV. Sayangnya, karena terlalu fokus oleh isi konten dan desain, ternyata kita sering lupa untuk memperhatikan hal penting lainnya lho YooReaders. Kira-kira hal penting apa yang perlu diperhatikan selain isi konten dan desain, yuk liat tiga hal berikut:

  1. 1 Jumlah halaman


    Karena ingin menyampaikan informasi secara detail tentang diri kita, seringkali malah jadi terlalu banyak informasi yang ditulis dan menghasilkan berlembar-lembar halaman. Sebaiknya CV dibuat ringkas dan jelas maksimal dua halaman, tujuannya untuk memudahkan recruiter saat membaca CV kita. Karena bisa jadi CV yang terlalu panjang malah membuat Info penting terlewatkan untuk dibaca.

  2. 2 Jenis font


    Pemilihan jenis font untuk CV ternyata sangat penting lho YooReaders, CV yang menggunakan jenis font terlalu “artistik” terkadang juga kurang baik, karena informasi yang disampaikan bisa jadi sulit dipahami. Oleh karenanya, jenis font yang direkomendasikan untuk membuat CV yaitu Calibri, Georgia, Verdana dan Arial. Selain terlihat simple jenis font tersebut mudah dibaca dan terlihat lebih rapi.

  3. 3 Ukuran font


    Hal ini yang sering terlewatkan, terkadang karena ingin semua informasi disampaikan dalam satu halaman kalian berusaha mengecilkan ukuran font dalam CV. Atau sebaliknya, jika ruang dalam CV terlihat masih kosong kalian berupaya menggunakan font dengan ukuran besar. Kedua hal tersebut tidak baik ya untuk kita lakukan, sebaiknya ukuran font yang ideal adalah 11pt atau 12pt. Selain akan terlihat lebih rapi, diharapkan recruiter bisa dengan jelas membaca informasi yang kalian sampaikan.  

    Membuat CV selengkap dan semenarik mungkin dengan berbagai bentuk desain memang menjadi tujuan dari setiap orang yang akan melamar pekerjaan. Namun jika kita perhatikan tiga hal diatas ternyata menjadi komponen pelengkap dari sebuah CV yang bagus dan menarik lho YooReaders.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend