Perbedaan Konsumsi Media Selama Pandemi Antar Generasi

Gen Z, Millennials, Gen X dan BOOMER punya cara sendiri saat konsumsi media.


Sumber gambar: https://unsplash.com

Di tengah masa pandemi Covid-19 ini tentunya kita banyak menghabiskan waktu dengan beraktivitas di rumah mulai dari belajar, bekerja, melakukan hobi sampai dengan mencari hiburan untuk menikmati waktu luang. Namun, yang terpenting dalam menyikapi keadaan ini kita patut bersyukur karena masih bisa melakukan berbagai aktivitas dan masih bisa mengakses berbagai jenis media untuk mencari informasi terkini atau untuk dijadikan sebagai media hiburan.

Ternyata ada perbedaan cara mengkonsumsi media selama pandemi ini lho YooReaders, perbedaan ini bisa kita kategorikan berdasarkan usia atau generasi. Dikutip dari dailysocial.id bahwa belum lama ini Global Web Index telah melakukan survei kepada hampir 4000 orang di Amerika Serikat dan Inggris dengan rentang usia 16-64 tahun. Yuk kita lihat perbedaan konsumsi media antar generasi, berikut hasil data yang disadur dan divisualisasikan dalam bentuk infografik oleh Visual Capitalist:

  1. 1 GEN Z


    Gen Z adalah generasi dengan usia paling muda yakni 16-23 tahun. Dari gambar tersebut terlihat bahwa yang paling menonjol dari Gen Z adalah lebih banyak konsumsi media online videos (seperti: Youtube), online TV atau streaming (seperti: Netflix, Vidio, Iflix), video games dan dilanjutkan dengan kegiatan lainnya.

  2. 2 MILLENNIALS


    Generasi Millennials atau generasi yang berusia antara 24-37 tahun, cara mereka mengkonsumsi media berbeda pada gen sebelumnya. Dari gambar yang disajikan terlihat lebih beragam dalam mengkonsumsi media. Beberapa media yang menonjol seperti online videos, online TV streaming, online press (seperti: Kompas.com atau Detik.com) music streaming (seperti: Spotify atau Joox), dan broadcast TV, dilanjutkan dengan kegiatan lainnya.

  3. 3 GEN X


    GEN X merupakan orang-orang yang berada pada usia 38-56 tahun, dilihat dari cara mereka mengkonsumsi media, broadcast TV menjadi persentase tertinggi, dilanjutkan dengan dengan radio dan online TV atau streaming yang memiliki angka persentase yang sama.

  4. 4 BOOMER


    Kemudian yang terakhir adalah generasi Boomer, generasi dengan rentang usia 57-64 tahun. Generasi ini terlihat paling beda di antara generasi lainnya, pasalnya dalam mengkonsumsi media mereka terlihat hanya mempercayai pada Broadcast TV (seperti: saluran TV Swasta dan TV Lokal)

    Jika kita lihat secara keseluruhan, masing-masing generasi memiliki pilihan dan cara tersendiri dalam mengkonsumsi media selama pandemi. Generasi Millennials terlihat paling beragam dalam mengkonsumsi media, Gen X dan Gen Z terlihat lebih fokus pada satu sampai dua media, sedangkan generasi Boomers terlihat paling monoton karena hanya fokus pada satu media. Bisa jadi perbedaan yang terjadi antar generasi didasari oleh lingkungan, skill, pengetahuan serta kemajuan teknologi yang berbeda di masing-masing generasi.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend