Perbedaan Kerja Di Startup Dan Corporate

Kamu pilih yang mana?


0
Share via
4 shares

Sekarang ini semakin banyak startup bermunculan di Indonesia. Para generasi millenial berlomba – lomba mencapai kesuksesan dengan merintis perusahaan di berbagai bidang yang dikuasai, tentunya suasana kerja di startup berbeda dengan corporate atau perusahaan yang sudah lama berdiri dan sudah cukup mapan. Lalu apa yang membedakan bekerja di startup dan corporate, berikut diantaranya:

  1. 1 Budaya Kerja


    Pada umumnya corporate adalah perusahaan yang sudah matang dan sudah lama berdiri yang didalamnya terdapat birokrasi dan hiraki sebagai budaya coorporate. Memiliki struktur karyawan dan terdapat beberapa batasan yang berpengaruh terhadap sikap dan perilaku pemimpin dan karyawannya.

    Sedangkan pada lingkungan kerja startup budaya kerjanya lebih fleksibel. Meskiput memiliki struktur jabatan, tapi dalam prakteknya perbedaan jabatan tidak begitu mencolok. Tipisnya sekat tersebut membuat komunikasi antar atasan dan bawahan menjadi jauh lebih santai. Komunikasi yang terjalin cenderung merupakan komunikasi dua arah. Pada lingkungan startup setiap iden dan gagasan setiap individu akansangat dihargai karena dipercaya menjadi aset besar di dalam perusahaan.

  2. 2 Jam Kerja


    Perbedaan yang sangat bisa dilihat adalah dalam waktu kerja. Jika di corporate biasanya memiliki aturan jam kerja yang mengikat sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Kemudian perusahaan akan memotong uang makan atau gaji lainnya jika karyawan datang terlambat.

    Jika startup jam kerjanya cenderung lebih flexible atau lebih longgar. Melihat dari budaya perusahaan startup yaitu perusahaan lebih mementingkan goal yang wajib diraih bukan kepada aturan jam kerja. Selama kerjaan dan deadline pekerjaan selesai maka lama jam bekerja tidak menjadi masalah. Walaupun banyak juga startup yang memiliki jam lembur hingga larut malam untuk mengejar target.

  3. 3 Kesempatan Berkarir


    Untuk seseorang yang sudah bekerja, pastinya memiliki keinginan untuk berkarir dan jenjang karir yang jelas untuk kedepannya. Untuk itulah pemilihan tempat kerja harus sangat diperhatikan dan akan menjadi sebuah pertimbangan agar bisa mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki.

    Pada perusahaan startup, kamu bisa memiliki kesempatan untuk berkarir yang lebih luas dan mempelajari hal - hal baru. Hal ini dikarenakan startup masih memiliki jumlah karyawan yang sedikit sehingga memiliki kesempatan yang luas dan bekembang lebih besar.

    Sedangkan pada corporate, perusahaan ini cukup stabil dengan aturannya masing - masing sehingga terkadang karyawan mengalami kesulitan untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik saat bekerja di corporate.

    Tetapi untuk kenaikan jabatan di corporate, memiliki aturan yang lebih jelas terkait waktu ataupun dari kinerja. Sementara pada startup biasanya belum memiliki aturan kenaikan jabatan. Kenaikan jabatan pada umumnya didasarkan pada perkembangan perusahaan.


Like it? Share with your friends!

0
Share via
4 shares

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
2
Senang
Takut Takut
1
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend