Pentingnya Pengembangan Talent Sejak Dini

Anak diusia dini pada dasarnya sangat kreatif. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar, senang bertanya, dan memiliki imajinasi yang tinggi.


Perlu diketahui bahwa anak usia dini mempunyai potensi yang luar basa. Pada saat itu otak anak sedang tumbuh pesat dan siap diisi dengan berbagai informasi dan pengalaman. Usia dini merupakan masa windows of opportunity. Di masa ini, otak anak diibaratkan sebuah spons yang bisa menyerap caira. Agar bisa menyerap, spons tentunya harus diletakkan didalam air. Air diumpamakan sebagai sebuah pengalaman. 

Disinilah waktu yang baik agar anak diberikan pengalaman dan ilmu – ilmu yang baik agar menjadi bekal untuknya di masa mendatang. Bisa dimulai dari pengalaman dan ilmu mengenai minat dan bakat dari anak, sehingga anak sejak dini sudah distimulasi dengan berbagai rangsangan dan otaknya pun akan menyerap pengalaman dan ilmu yang ada sejak dini.

Anak diusia dini pada dasarnya sangat kreatif. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar, senang bertanya, dan memiliki imajinasi yang tinggi. Maka dari itu anak harus diberi pengalaman yang baik untuk pengembangan dirinya.

Setiap anak harus diberikan stimulus mengenai apa yang mereka minati sejak dini. Agar setelah anak mengetahui apa saja potensi yang mereka miliki kemudian dikembangkan menjadi lebaik lagi. Anak pun harus diberitahu mengenai informasi pentingnya mengembangkan potensi diri sejak dini, agar mereka bisa mengenali dirinya sendiri sejak dini dan tahu kemana mereka harus melangkah kedepannya sehingga nantinya mereka akan ‘berjalan’ sesuai dengan potensinya.

Salah satu contohnya adalah SMP Salman Al Farisi di Bandung, yang mengadakan kegiatan untuk menanamkan pengalaman - pengalaman di lapangan kepada siswanya. Program Sepekan Pengabdian kepada Masyarakat yang disingkat menjadi PROSPEK adalah salah satu acara tahunan yang telah mereka selenggarakan selama 20 tahun. Rangkaian kegiatan PROSPEK ini mirip dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasanya dilaksanakan oleh para mahasiswa. Jika hanya belajar di kelas pastinya itu sudah hal yang biasa, tetapi PROSPEK bertujuan untuk memberikan pengalaman bersosialisasi dan leardership yang diterapkan pada lingkungan masyarakat.

Pengembangan diri sejak dini baik dilakukan agar anak mampu bersaing disekolah maupun di dunia kerja nantinya. Yang pastinya harus didukung oleh lingkungan sekitar, seperti jika anak memiliki hobi tertentu atau kegiatan - kegiatan positif ada baiknya sebagai orang tua mendukung segala kegiatannya seperti membelikan alat - alat untuk hobinya atau bahkan mengantar dan menemani kegiatannya. Dengan begitu anak juga akan merasa didukung yang akan berdampaik baik bagi mental dan skill anak.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
1
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
2
Senang
Takut Takut
1
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
6
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend