Penting Mana? Kolaborasi Atau Kompetisi?

Kompetisi memacu kita untuk menjadi yang terbaik, lalu kolaborasi apa perlunya?


Persaingan dalam kehidupan adalah hal yang biasa. Kita selalu merasakan kompetisi mulai dari sejak sekolah, kuliah, bahkan dalam berkarir sekalipun. Tapi apakah kompetisi untuk selalu bersaing adalah hal yang baik?

Persaingan memang memacu kita untuk menjadi yang terbaik dimanapun kita berada. Namun di era digital sepertinya kompetisi tidak selalu menjadi pilihan yang tepat. Dari pada kompetisi, era digital mengajarkan kita untuk meningkatkan kolaborasi.

Masih tidak percaya? Berikut ini adalah bukti kenapa kolaborasi juga penting dibandingkan kompetisi.

  1. 1 Membuka Banyak Hal


    Jika dulu perusahaan berlomba-lomba menciptakan sebuah produk dengan inovasi yang tidak bisa dilawan untuk menarik konsumen, saat ini sepertinya sudah tidak bisa begitu. Pernah dengar istilah open-source? teknologi semacam ini awalnya diterapkan oleh Linux dan Android sehingga semua orang dapat membuat program atau aplikasi dengan bebas menggunakan basis tersebut. Mereka tidak khawatir terhadap persaingan, tapi hubungan kolaborasi antara pengguna, developer, dan penyedia layanan yang akhirnya justru menghadirkan banyak hal baru.

  2. 2 Kemajuan Teknologi


    Teknologi saat ini berkembang dengan cepat dan sangat maju jika dibandingkan dengan era sebelumnya. Industri 4.0 yang saat ini menjadi kebutuhan banyak orang mengharuskan kita untuk kolaborasi. Karena untuk mencapai teknologi Industri 4.0dan juga teknologi maju lainnya tidak bisa dicapai hanya dengan usaha dari satu pihak karena masih terlalu sulit dan perlu usaha bersama untuk bisa mencapainya.

  3. 3 Inovasi


    Seringkali kita melihat bahwa inovasi muncul dari satu figur saja. Padahal, sebuah inovasi juga muncul dari gabungan banyak pemikiran orang-orang yang berkontribusi di dalamnya. Walaupun jika mengacu kepada sejarah, dulu inovasi memang diciptakan oleh satu figur saja. Tapi ketika dilakukan sendirian, sebuah inovasi yang memberikan dampak luar biasa baru akan muncul setelah puluhan tahun dikerjakan secara terus menerus. Disinilah perbedaan mendasar antara inovasi yang diciptakan sendirian dan yang diciptakan bersama. 

    Kompetisi memang hal yang penting, terlebih dalam proses pengembangan atau penciptaan sesuatu. Namun kolaborasi adalah kunci yang juga penting untuk mengungkap dan mempercepat prosesnya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend