Pengangguran Lulusan Universitas Meningkat? Jangan Takut Karena Profesi Digital Ini Menjanjikan Tanpa Perlu Kuliah

Banyak jenis pekerjaan lain yang bisa kamu laukan walaupun berbeda dengan latar belakang pendidikan kamu


Jumlah pengangguran lulusan Universitas ternyata mengalami pengingkatan di tahun 2019. Data ini berasal dari hasil yang dirilis oleh BPS dan Katadata dimana tingkat pengangguran memang turun tetapi jumlah pengangguran dengan tingkat pendidikan tinggi ternyata semakin banyak. Beberapa penyebab utamanya adalah skill yang tida sesuai dengan kebutuhan, ekspektasi penghasilan tinggi, dan penyediaan lapangan pekerjaan yang terbatas.

Tapi sebenanrnya, di era digital dengan perkembangan teknologi yang cepat dan juga globalilasi, pendidikan tinggi bukan satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan karir yang bagus. Ada banyak profesi digital yang tidak diajarkan di universitas tetapi menjanjikan penghasilan dan karir yang bagus. Apa saja profesinya? Berikut ini adalah profesi digital yang tidak perlu kamu pelajari melalui universitas.

  1. 1 Digital Marketing


    Peran seorang digital marketer saat ini merupakan posisi yang vital dalam perusahaan. Fugsinya dengan posisi marketing biasa sebenarnya mirip, namun fokusnya saja yang berbeda. Profesi ini diharuskan untuk memaksimalkan media sosial, konten, newsletter, targeting iklan di internet, hingga SEO dalam mengenalkan produk dan value perusahaan. Untuk memahami semua ini, sepertinya universitas belum memiliki kurikulum yang bisa diajarkan.

  2. 2 Social Media


    Ada banyak sekali profesi yang berhubungan secara langsung dengan social media. Mulai dari menjadi admin, strategist, content creator, hingga copywriting. Profesi ini menuntut kamu untuk kreatif dan juga memiliki kemampuan analisa yang baik. Untuk bisa ahli di bidang social media, kamu harus bisa merepresentasikan produk atau perusahaan dengan image yang tepat. Artinya sebuah konten, caption, dan kemampuan untuk menentukan target pasar yang tepat adalah kuncinya. Untuk bisa mempelajari kemampuan ini, kita bisa belajar sambil praktek mengelola social media pribadi atau belajar dari influencer maupun juga kelas online.

  3. 3 Web Developer


    Mengikuti kebiasaan generasi muda saat ini yang akan memastikan segala sesuatu melalui Google, website menjadi hal yang penting untuk dimiliki sebuah perusahaan. Tidak hanya untuk kehadiran di internet, tetapi website juga penting untuk membangun image dan menyampaikan value dari produk atau perusahaan. Tapi tahukah kamu bahwa seorang web developer ternyata tidak harus selalu berasal dari latar belakang IT. Selama kamu bisa menguasai koding dalam pembuata web dan memiliki kreativitas yang baik saat membangun tampilan maka profesi ini bisa menjadi pilihan. 

    Untuk menguasai koding yang diperlukan dalam web developer, kamu bisa belajar melalui online course, youtube, atau ikut kelas yang banyak tersedia.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend