Obligasi Negara Ritel, Apa Sih Menariknya?

Mungkin ORI014 bisa menjadi pilihan pertama untuk memulai investasi


Pada hari ini, tanggal 29 September 2017, Obligasi negara bernama ORI014 baru saja ditawarkan kepada masyarakat. Pembicaraan di media pun cukup banyak menimbulkan berbagai macam reaksi. Masalahnya, bagi kita generasi muda yang biasanya malas berinvestasi, pasti masih bingung sebenarnya apa sih obligasi bernama ORI014 ini?

Semenjak masih sekolah sebenarnya kita sudah diberikan pengetahuan bahwa obligasiadalah surat hutang jangka panjang dengan nilai nominal dan waktu jatuh tempo tertentu. Obligasi bisa dikeluarkan oleh pemerintah maupun pihak swasta. Sederhananya, kita meminjamkan uang kepada pihak pemerintah atau swasta dan akan dikembalikan pada tanggal jatuh tempo lengkap dengan bunga nya.

ORI

Obligasi Negara Ritel Seri 14 atau disingkat dengan ORI014, merupakan obligasi tanpa warkat yang dapat diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Bunga tetap yang didapatkan untuk obligasi ini adalah 5.85% per tahunnya. Walaupun bunga yang diberikan pada ORI014 ini adalah yang paling kecil selama sejarah, tetapi antusiasme masyarakat tetap tinggi menyambut perilisannya.

Sebenarnya alasan utama kenapa masyarakat menyukai obligasi negara seperti ini karena tingkat bunganya yang tetap lebih tinggi dibandingkan dengan bunga deposito bank BUMN. Selain itu, negara juga menjamin bahwa uang yang kita berikan akan dikembalikan setelah jatuh tempo karena dijamin oleh Undang-undang.

Bagi mereka yang tidak terlalu mengerti mengenai investasi, ORI sebenarnya juga menjadi pilihan paling aman dan sederhana. ORI dapat dibeli di agen-agen yang telah ditunjuk oleh negara, dan untuk ORI014 ini bisa dibeli di bank yang menjadi agen. Bagi kalian yang ingin memulai investasi, ORI014 bisa dipertimbangkan sebagai pilihan. Paling tidak, kita tidak perlu belajar susah-susah tentang resiko atau kapan harus melakukan jual beli obligasi.

Sayangnya, pembelian ORI014 tidak bisa dibeli satuan. Jika kita ingin memliki obligasi ini, minimal pembelian adalah 5 lembar dengan harga per lembarnya 1 juta rupiah, agak mahal untuk mereka yang baru memulai karirnya dan tidak memiliki tabungan. Selain itu, masa jatuh tempo obligasi ini cukup panjang, yaitu selama 3 tahun.

Sebagai informasi tambahan, obligasi negara ini dirilis karena kebutuhan anggaran negara yang sedang defisit karena pembangunan yang sedang banyak dilakukan. Paling tidak dengan melakukan pembelian ORI014, kita bisa menjadi bagian dari pembangunan negara. Selain itu, investasi ini memang ditujukan untuk masyarakat dan bukan untuk institusi. Harapannya, masyarakat bisa memiliki andil langsung untuk pembangunan negara.



Siapa tahu dari kamu ada yang sedang berencana untuk membeli rumah 3 tahun lagi atau ingin berencana ingin menikah walau belum ada calonnya, paling tidak investasi ORI bisa menjadi alternatif meningkatkan keuangan sekaligus melancarkan pembangunan di Indonesia. 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend