Merasa Stress Dalam Bekerja? Ini Dia Penyebabnya!

Stress bisa bisa membuat kamu tidak bahagia terhadap pekerjaanmu dan menyebabkan kinjerjamu menurun, ditambah juga berdampak pada kesehatan fisik dan mentalmu.


Menurut The American Institute of Stress, stres dalam bekerja adalah sumber utama merasa stres untuk orang dewasa di Amerika dan telah meningkat secara progresif selama beberapa dekade terakhir  (The American Institute of Stress. Workplace Stress). Hal itu juga bisa membuat kamu tidak bahagia terhadap pekerjaanmu dan menyebabkan kinjerjamu menurun, ditambah juga berdampak pada kesehatan fisik dan mentalmu.

Penting rasanya untuk mempelajari cara mengelola stres saat kerja sebelum mengarah ke masalah jangka panjang yang sulit untuk dipulihkan. Mari kita lihat terlebih dahulu beberapa penyebab utama stres dalam bekerja dan masalah yang terkait dengan hal tersebut. Kemudian ada beberapa cara untuk mengelolanya, ini dia:

Penyebab Stress Dalam Bekerja

Photo by Gift Habeshaw on Unsplash

Pertama-tama kita harus mengidentifikasi apa yang menyebabkan stres dalam pekerjanmu. Dengan begitu kamu dapat mencoba mengelolanya. Berikut ini beberapa kemungkinan:

  • Overwork (Terlalu banyak pekerjaan)

Ketika terlibat dalam proyek besar di pekerjaanmu, mungkin perlu menghabiskan banyak waktu di kantor. Jika itu jarang terjadi, itu tidak mungkin menjadi masalah, tetapi kalau kamu secara teratur harus tetap lembur atau terus bekerja dari rumah setelah jam kerja, kamu mungkin mulai merasa stres.

  • Insecure dalam bekerja

Mungkin kamu merasa takut kehilangan pekerjaan setiap saat. Atau PHK yang akan datang tiba-tiba. Bahkan bisa saja kamu merasa selalu salah dalam pekerjaanmu.

  • Ketidakpuasan dalam berkarir

Kalau karier kamu tidak cocok dengan jenis kepribadian, bakat, nilai-nilai yang terkait dengan pekerjaan dan minatmu, kamu bisa saja tidak akan puas dengan pekerjaanmu saat ini. Sangat penting untuk mempertimbangkan sifat-sifat ini ketika memilih karier.

  • Ketidakpuasan dalam bekerja

Bekerja dalam pekerjaan yang tidak sepenuhnya memanfaatkan kemampuan dan bakatmu atau dalam pekerjaan di mana kamu tidak memiliki keterampilan yang tepat membuat stres. Sebelum kamu menerima tawaran pekerjaan, pastikan posisinya pas.

  • Berkonflik dengan Bos atau Rekan Kerja

Mempertimbangkan jumlah waktu yang kamu habiskan di tempat kerja, hubungan yang baik dengan rekan kerjamu sangat penting. Mereka dapat membuat pekerjaan yang lebih baik, dan membantumu bertahan dari keadaan yang buruk.

Efek Stress Dalam Bekerja

Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash

Tujuh puluh dua persen orang yang mengalami stres harian melaporkan bahwa itu mengganggu kehidupan mereka. Tiga puluh persen responden mengatakan mereka telah minum obat untuk mengatasi kecemasan mereka dan masalah terkait seperti kegugupan dan gangguan tidur (Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika [ADAA]. Highlights: Survei Gangguan Stres & Kecemasan Tempat Kerja).

Dilansir dari careerbalance.com stres kerja dapat menyebabkan masalah kesehatan kronis seperti penyakit kardiovaskular, gangguan muskuloskeletal, dan gangguan psikologis, menurut Institut Nasional Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH), sebuah divisi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat. Jika Anda menangkap gejala lebih awal, Anda dapat menyelesaikan masalah sebelum menimbulkan konsekuensi yang lebih parah.

NIOSH
menunjukkan bahwa beberapa tanda peringatan dini yang harus dicari adalah ketidakpuasan kerja, gangguan tidur, sakit kepala, kesulitan berkonsentrasi, amarah pendek, perut kesal, dan moral buruk. Waspadai perubahan dalam hubungan pribadi, meningkatnya penggunaan obat-obatan atau alkohol, dan penggilingan gigi.

Survei Gangguan Stres & Anxiety Tempat Kerja menemukan bahwa stres di tempat kerja juga dapat menyebabkan masalah pada pekerjaan. Individu yang menderita karenanya melaporkan masalah dengan kinerja, kualitas kerja, dan hubungan dengan rekan kerja dan atasan.

Kalau kamu merasakan hal diatas baiknya kamu harus atasi rasa stressmu agar merasa lebih baik dan bisa beraktivitas lebih semangat lagi. Atas stressmu dengan cari ini!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend