Meningkatkan Produktivitas Dan Penjualan Melalui Software “Melisa”

Melisa.id merupakan software yang membantu meningkatkan produktivitas dan penjualan melalui aplikasi chat WhatsApp.


Aplikasi telah menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia sejak sekitar tahun 2008. Aplikasi  bukan hanya menyediakan layanan hiburan semata tetapi juga sebagai penyedia jasa kebutuhan pokok manusia.Jumlah aplikasi pada  iOS App Store tercatat sebanyak 2 juta lebih, sedangkan pada  Google Play tercatat 3,5 juta.

Pertumbuhan bisnis aplikasi ini tampaknya masih belum memasuki titik jenuh, karena kebutuhan dan keinginan manusia juga semakin tumbuh dan berkembang seiring  dengan perkembangan teknologi. Hal ini menjadikan peluang membangun bisnis aplikasi masih menjadi incaran para “inventor”. Salah satu pilihan favorit dalam membangun bisnis aplikasi adalah membangun bisnis toko online.

Masyarakat menginginkan kemudahan dalam berbelanja dengan beragam pilihan yang menarik. Membuat bisnis toko online dengan menggunakan aplikasi yang terhubung melalui smartphone menjadi pilihan yang menarik, karena mudah dan praktis dibandingkan menggunakan media sosial. Melalui aplikasi toko online maka bisnis anda akan terlihat lebih profesional, dan terpercaya dimata pengguna.

Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia yang mencapai lebih dari 132 juta pengguna internet di Indonesia, terdapat fakta menarik bahwa ternyata hanya 20% nya saja yang sudah terbiasa dan merasa nyaman berbelanja di situs e-commerce berbasis shopping cart.

Beberapa creator kemudian berkumpul dan membangun Melisa.id , mereka adalah Farid Aria Maulana sebagai CEO, Muh. Rosyid sebagai CTO, Yuda Sukmana sebagai Developer Lead, Andrian Maulana sebagai Mobile designer, Asep Koswara sebagai FrontEnd Developer dan Adi Suandharu sebagai Growth Hacker.

Melisa.id merupakan software yang membantu meningkatkan produktivitas dan penjualan melalui aplikasi chat WhatsApp. Software ini bisa menangkap bahwa 80% Pembeli Online Indonesia belum terbiasa dengan sistem ’shopping cart’ dan lebih nyaman bertransaksi melalui aplikasi chat WhatsApp. Online seller masih memilih untuk  menggunakan fasilitas chating untuk menangani pelanggan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa WhatsApp masih menjadi pilihan utama dalam melakukan chating secara online. Hingga saat ini WhatsApp adalah aplikasi chat terbesar di dunia dengan jumlah pengguna mencapai hampir 1,3 Milyar, dan jumlahnya terus bertambah. Data statistik menarik mengenai whatsapp yaitu mencapai 1.3 milyar lebih pengguna aktif, 55 milyar lebih pesan yang terkirim setiap hari, mencapai 1 milyar lebih pengguna  WhatsApp group, 4,5 milyar lebih jumlah foto yang dishare setiap hari, adanya 300 juta jumlah status WhatsApp setiap hari dan 55 juta lebih jumlah video call dalam setiap hari.

Jumlah yang sangat fantastis jika dicermati dengan baik, dan hal ini menjadi sebuah kesempatan besar untuk membagikan sesuatu baik layanan dan jasa secara online via aplikasi WhatsApp. Penggunaan aplikasi chat via  whatsapp atau aplikasi lainnya dalam melayani pelanggan, menjadi kendala bagi penjual barang atau jasa karena banyaknya pertanyaan yang bertumpuk dari konsumen terkait ongkir, jasa pengiriman, dll.

Selain itu penjual terkadang harus bersabar dengan waktu yang terbuang akibat chat yang lama dengan banyaknya pertanyaan terkait produk dan harga dan ketidakpastian pembelian. Permasalahan lain yang biasayna muncul adalah kesulitan dalam menghitung orderan masuk dan menyesuaikannya dengan stock yang kemudian dilanjutkan dalam bentuk laporan dan analisis. Sistem pengelolaan & persiapan pengiriman barang, manajemen stok barang  hingga proses rekap. Dikarenakan menggunakan sistem online, sehingga data yang tidak terintegrasi menjadi tercecer dan menyulitkan dalam pendataan.

Melisa.id dapat menjawab tantangan dengan mempermudah memberikan layanan jasa yang sesuai dengan kemampuan teknis dari pengguna, menjadi daya tarik tersendiri. Mereka menyediakan multi platform manager, yaitu berbagai layanan aplikasi chating yang dapat digunakan oleh user dengan manfaat tambahan kemudahan dalam manajemen pelanggan baik order maupun stok. Adanya template jawaban FAQ untuk chat. Selain itu Melisa.id juga menyediakan layanan tambahan seperti perhitungan ongkos kirim dan tracking pengiriman kurir lokal Indonesia serta sistem manajemen pembayaran via bank.

Melisa.id hadir sebagai “problem solver” yaitu menyediakan produk dan jasa yang menjadi solusi dari kebutuhan dari banyak orang. Dalam menciptakan sebuah bisnis startup sebaiknya terlebih dahulu memikirkan keunggulan apa dari produk anda yang memberikan nilai yang berarti bagi kehidupan masyarakat. Target market juga menjadi penting dalam menyediakan layanan yang akan diberikan.

Penelitian pasar haruslah dilakukan para startup diawal proses pendirian bisnis untuk memberikan gambaran apakah perencanaan bisnis yang anda pilih sudah tepat atau belum. Riset pasar juga terkait dengan riset pesaing yang ada, berapa banyak pesaing yang menjalankan bisnis serupa, dan penawaran solusi yang bisnis anda tawarkan ada pembeda atau tidak dengan pesaing diluar sana.

Jangan lupa bahwa berdasarkan data sensus ekonomi BPS 2016, jumlah ecommerce di Indonesia mencapai 26,2 juta , dimana  jumlahnya terus tumbuh rata-rata 17% / tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pesaing bisnis toko online sangatlah banyak diluar sana. Jika startup bisnis anda tidak mempunyai pembeda yang signifikan sebagai sebuah solusi maka keberlangsungan bisnis anda dikemudian hari akan menjadi pertanyaan besar.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LIASTORY

Toddler

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend