Posisi Product Manager terbilang belum umum di Indonesia, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan perusahaan startup posisi tersebut cukup banyak dicari. Umumnya posisi Product Manager dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan berbasis teknologi, internet atau digital. Mari kita simak apa sebenarnya tugas seorang Product Manager.
Seorang Product Manager bertanggung jawab mengelola kesuksesan suatu produk. Mereka berkoordinasi dengan tim dari berbagai fungsi yang memiliki peran dalam pengembangan produk. Peranannya amat penting dalam menetapkan strategi, roadmap, dan spesifikasi dari fitur-fitur produk teknologi yang dikembangkan. Posisi tersebut mencakup tanggung jawab untuk pemasaran, forecasting, dan laporan laba rugi produk yang dikelolanya. Product Manager bertanggung jawab mulai dari proses ideasi, eksekusi ide, produksi, operasional produk hingga peluncuran sebuah produk.
Mereka diharuskan juga melakukan analisa kondisi pasar dan persaingan, menetapkan visi produk yang berbeda, dan memberikan nilai tambah berdasarkan permintaan customer. Peran ini mencakup banyak kegiatan dari strategi hingga taktis dan dibutuhkan kepemimpinan lintas fungsi - terutama antara tim engineer, marketing, sales, desain, data, dan operasional.
Berikut adalah aspek-aspek inti dari tanggung jawab kepemimpinan seorang Product Manager:
-
1 Strategi
Product Manager bertanggung jawab untuk menetapkan visi dan strategi produk. Tugas mereka adalah mengkomunikasikan nilai bisnis sebuah produk dengan jelas sehingga tim produk memahami maksud di balik produk baru atau rilis produk. Bertugas membuat roadmap dan memprioritaskan pengembangan apa yang paling penting untuk tercapainya tujuan dan inisiatif strategis sebuah produk.
-
2 Rilis
Product Manager membuat dan memantau timeline kerja, dimulai dari jadwal pengembangan hingga peluncuran produk. Tanggung jawab lainnya adalah mendefinisikan proses perilisan produk dan mengkoordinasikan semua kegiatan yang diperlukan untuk memperkenalkan produk ke pasar. Termasuk menjembatani berbagai fungsi kerja yang terlibat dan menyelaraskan hasil kerjanya.
-
3 Ideasi
Product Manager dituntut untuk menghasilkan, mengembangkan, dan mengkurasi ide-ide baru. Mereka menentukan ide mana yang harus dipromosikan menjadi fitur untuk mendorong strategi produk dan dapat mendukung tercapainya tujuan utama untuk lini produk dan bisnis. Untuk mencapai tujuan ini, mereka harus memastikan masukan, feedback dan permintaan berbagai stakeholder terintegrasi dengan mulus dalam proses perencanaan dan pengembangan produk. Selanjutnya mereka bertugas mengkomunikasikan setiap perkembangan dan status ide kepada mitra, internal tim maupun pelanggannya.
-
4 Fitur
Memprioritaskan fitur-fitur produk yang sesuai dengan sasaran pelanggan dan strategis bisnis. Product Manager bertanggung jawab menentukan persyaratan untuk setiap fitur agar sesuai user experience yang diinginkan. Mereka banyak bekerja sama dengan tim engineer untuk memastikan spesifikasi teknis, serta tim memiliki semua informasi yang dibutuhkan untuk pengembangan produk..
Produk yang sukses dibangun dan dapat digunakan oleh pelanggan ketika sekelompok anggota tim memiliki komitmen, fokus, dan bersemangat memainkan posisi mereka dengan kemampuan terbaik. Ini dimulai dengan manajer produk yang kuat yang merasakan tanggung jawab yang mendalam atas peran mereka dan mengelola apa yang didefinisikan di atas.
0 Comments