Mark Zuckerberg dan Elon Musk Adalah Pemimpin Sukses Dengan Kepribadian Introvert, Kok Bisa?

Para introvert sering kali diidentikan sebagai pribadi yang kaku dan sulit bergaul


1
3 shares, 1 point

Sering kali muncul anggapan bahwa mereka yang memiliki tipe kepribadian introvert tidak dapat menjadi pemimpin yang baik. Pemikiran seperti ini muncul karena para introvert dianggap sulit berinteraksi dengan orang lain sehingga terkesan kaku dan pendiam.

Padahal, Mark Zuckerberg, Elon Musk, dan Warren Buffet termasuk sebagai orang yang introvert. Walaupun begitu, para figur ini berhasil merubah keadaan ekonomi dan teknologi dunia bahkan telah menjelma menjadi inspirasi bagi orang banyak. Kepemimpinan mereka terbukti berhasil membesarkan perusahaan dan karirnya hingga seperti saat ini.

Memang benar, jika salah langkah dalam mengembangkan potensi, mereka yang intovert akan ‘menjauh’ dari kelompok sosial dan jadi sulit untuk berkembang. 

Masih bingung tipe kepribadian atau profiling kamu seperti apa? Coba ikuti tes yang bisa dilakukan melalui situs seperti 16 Personalities atau melalui idtalent untuk mengerti sebenarnya tipe kepribadian dan potensi diri kamu seperti apa sih. Jika kamu memang termasuk yang introvert, mungkin ada baiknya kamu mempelajari beberapa tips berikut agar berhasil menjadi seorang pemimpin walaupun kamu introvert.

  1. 1 Berikan Ruang Untuk Menyendiri


    Para introvert biasanya bijaksana dan selalu berkaca dalam setiap tindakannya. Hal ini bukti yang sangat positif karena salah satu ciri pemimpin yang baik adalah pemimpin yang efektif dan memiliki kesadaran diri yang tinggi. 

    Inilah alasan para introvert butuh waktu menyendiri untuk memikirkan apa yang sudah mereka lewati dan apa yang akan mereka lakukan nantinya. Dengan menyendiri, mereka juga akan menjadi lebih kreatif dan bisa melahirkan ide-ide yang luar biasa.

  2. 2 Jangan Meremehkan Kemampuan Sosialmu


    Sebuah mitos yang salah jika mengatakan bahwa introvert tidak pandai dalam bidang sales. Lebih tepatnya, para introvert ini bisa menjadi entrepreneur handal karena mereka memiliki kemampuan dalam mengerti apa yang pelanggan mau.

    Rasa empati yang tinggi, kesediaan dalam mendengar, serta menanyakan sesuatu yang memancing kepedulian akan sangat berguna dalam memperluas jaringan terutama dalam pertemuan yang lebih intim dengan jumlah orang yang tidak terlalu banyak.

  3. 3 Banyak Membaca


    Kesamaan yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg, Warren Buffet dan Bill Gates selain tipe kepribadian mereka, para milyarder ini sangat suka membaca. Membaca bisa menjadi 'me-time' yang sangat baik bagi introvert. Selain memberikan waktu untuk mengisi energi, membaca buku juga memberikan mereka wawasan yang luas dan akan membantu dalam berkarir dan bersosialisasi.



    Walaupun sebenarnya ada bermacam-macam tipe-tipe intorvert, tapi keunggulan mereka yang bijaksana dan memiliki kepedulian tinggi terhadap dirinya sendiri serta orang lain bisa menjadi senjata ampuh jika mengerti bagaimana cara memaksimalkanya.


Like it? Share with your friends!

1
3 shares, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
2
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
4
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend