Manfaat Menggunakan LinkedIn Untuk Karir Kamu

LinkedIn menjadi jalan pintas menuju pekerjaan impianmu. Para perekrut dan perusahaan juga menggunakan LinkedIn untuk mencari kandidat.


LinkedIn sudah hadir sejak tahun 2003 kemudian terkenal menjadi platform sosial media untuk para profesional. Tetapi apakah LinkedIn memang efektif atau hanya jejaring sosial biasa saja? Kalau kamu menggunakannya dengan tidak efektif maka profil LinkedIn mu akan sia-sia.

Tetapi jika dilakukan dengan benar, LinkedIn akan menjadi jalan pintas menuju pekerjaan impianmu. Para perekrut dan perusahaan juga menggunakan LinkedIn untuk mencari kandidat.

Apakah Kamu Membutuhkan Profil LinkedIn?

Jawabannya adalah "Ya".  Para perekrut menggunakan LinkedIn untuk mencari kandidiat. Jadi, kalau kamu tidak mengupdate profilmu bahkan tidak pernah membukanya maka kamu tidak akan dilirik oleh perekrut. Tak hanya itu, LinkedIn juga bisa digunakan untuk riset perusahaan yang kamu lamar, lalu juga bisa riset sang pewawancara, dan perekrut.

Memiliki profil LinkedIn adalah hal yang bagus. Bahkan jika kamu aktif mencari kerja, kamu bisa menggunakan LinkedIn untuk terhubung dengan rekan kerjamu saat ini ataupun di tempat kerjamu yang lama. Bisa juga dengan teman-temanmu di sekolah atau teman yang bertemu saat acara-acara networking dan konferensi.

Manfaat Membuat Akun LinkedIn

Selain gratis, meskipun ada opsi berbayar. Bagi banyak perekrut, langkah pertama yang mereka lakukan setelah menerima CV kamu adalah mengecek profil LinkedIn-mu.

Saat ini semakin banyak perusahaan yang pindah ke aplikasi online standar dan lebih umum daripada sebelumnya, kamu bisa sertakan link LinkedIn mu di dalam CV yang telah kamu buat. Kamu pun bisa mengunggah CV milikmu di halaman LinkedIn-mu. Jika kamu buat dengan baik, ini merupakan keuntungan besar karena calon manajermu tidak hanya melihat CV milikmu tetapi juga profil LinkedInmu.

LinkedIn adalah cara mudah untuk membangun hubungan profesional dengan para teman-temanmu yang bisa membantu karirmu. Orang yang kamu temui di sebuat pertemuan 5 tahun lalu mungkin akhirnya bekerja di perusahaan impianmu, atau rekan kerjamu mungkin mengenal seorang manajer perekrutan yang inginkamu hubungi.

Cara Membuat LinkedIn Berfungsi Dengan Baik Untukmu

Mulailah dengan selalu memperbarui profil LinkedInmu. Karena itu yang akan kamu gunakan untuk terhubung denga orang-orang di lingkup networkingmu. Isi profilmu dengan informasi yang lengkap mengenai keterampilanmu dan pengalamanmu.

Jangan khawatir mengenai kerahasiaan datamu. LinkedIn adalah salah satu jejaring sosial yang paling privat. Kamu hanya akan berhubungan dengan orang yang kamu kenal baik. Buatlah strategis yang tepat kalau kamu mencari pekerjaan baru saat masih memiliki pekerjaan, jangan umumkan kepada kolega kerjamu. Ada beberapa cara agar kamu bisa tetap mencari pekerjaan baru secara rahasia tanpa membahayakan posisimu saat ini.

Setelah kamu memiliki profil, kamu harus mengundang orang untuk bergabung dengan jaringanmu. Mulai perluas koneksimu dan tulislah pesan ke koneksi yang kamu miliki. Kamu mengirim pesan LinkedIn untuk meminta rekomendasi serta untuk mencari pekerjaan dan bantuan dan saran karir.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend