Macam Jenis Hospitality Industry

Ternyata bisnis ini cakupannya sangat luas.


Hospitality Industry pastinya sangat identik dengan kepuasan pelanggan. Hospitality Industry sangatlah luas dengan berbagai macam kategori yaitu mulai dari jasa penginapan, event planning, tempat rekreasi,  transportasi, kapal pesiar, dan masih banyak lagi.

Business Development Officer Le Corden Bleu (LCB) Haris Gunawan menjelaskan hospitality  adalah hubungan antara tamu dan tuan rumah, atau tindakan bersikap ramah. Hal ini termasuk dalam penerimaan dan hiburan tamu, pengunjung, atau orang asing. Jadi, tak heran jika industri hospitality sendiri merupakan industri yang berhubungan dengan kegiatan keramah-tamahan dalam melayani tamu.

Untuk unit hospitality seperti hotel, restoran, atau taman rekreasi memiliki pemeliharaan fasilitas dan operasional langsung seperti server, housekeepers, portir, chef, bartender, manajemen, marketing, dan sumber daya manusia.

Ada 4 kategori Hopsitality Industry yaitu: Food and Beverage, Travel and Tourism, Lodging atau Penginapan dan Taman rekreasi.

1. Food and Beverages

Food and Beverages atau sektor makanan dan minuman adalah segmen terbesar dari Hospitality Industry.

Industri F&B diperkirakan menyediakan 50% dari semua makanan yang ada di hotel. Ini terdiri dari perusahaan yang terlibat dalam menyiapkan makanan, makanan ringan dan minuman yang dikonsumsi langsung didalam hotel maupun diluar. 

Selain di hotel industri F&B juga ada di sektor bisnis lain seperti di bioskop, atau di arena bowling.

2. Travel and Tourism

Travel and Tourism identik dengan pelayanan yang berhubungan dengan perjalanan orang – orang dari satu tempat ke tempat lain seperti bus, taksi, pesawat, kapal, kereta api, dan sebagainya adalah bagian dari industri Travel and Tourism.

Fungsi utama Travel and Tourism adalah untuk memfasilitasi orang – orang berpergian. Ketika orang berpergian, mau urusan bisnis ataupun liburan, mereka akan menghabiskan uang untuk operasional hospitality.

3. Lodging (Penginapan)

Penginapan disini berarti akomodasi untuk jangka waktu tertentu atau tempat untuk tidur selama satu malam atau lebih. Seperti hotel mewah, hostel, perkemahan, dan bisnis lainnya yang menyediakan tempat untuk orang bermalam. Bisnis lodging memiliki target pasar seperti turis bisnis, turis liburan, turis dengan jangka panjang, turis low budget, turis orang – orang penting seperti pemerintahan, maskapai pernerbangan atau militer.

4. Rekreasi

Rekreasi adalah segala aktivitas yang dilakukan orang – orang untuk bersantai dan bersenang – senang. tujuan rekreasi yaitu menyegarkan tubuh dan pikiran seseorang. Industry rekreasi contohnya adalah seperti bioskop, taman rekreasi, atau semua bagian hiburan lainnya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend