Tips untuk Mencari Kerja Setelah Perguruan Tinggi

Beberapa magang kerja saat liburan, banyak yang berharap untuk mendapatkan posisi full-time setelah lulus.


Setelah kelulusan, banyak pencari kerja baru mengejar impian mereka untuk memenangkan posisi yang sempurna di perusahaan yang hebat. Beberapa magang kerja saat liburan, banyak yang berharap untuk mendapatkan posisi full-time setelah lulus. Yang lain mulai mencari pekerjaan di bulan-bulan sebelum mereka lulus, dan mengirimkan resume untuk menindaklanjuti posting pekerjaan dari pusat karier kampus.

Realitas Mencari Kerja

Pada tahun-tahun sebelumnya, dengan banyak pelamar melamar pekerjaan yang sama, pengusaha harus menyaring melalui ratusan resume untuk memilih kandidat yang mereka rasa paling cocok untuk organisasi mereka.

Mungkin terdengar seperti kamu tidak akan kesulitan menemukan pekerjaan, tetapi jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan tertentu di perusahaan atau industri tertentu, kamu perlu meningkatkan peluang melakukan pencarian yang sukses dengan mengambil langkah-langkah tambahan untuk membuat dirimu menonjol di antara pelamar lainnya.

Survei Job Outlook 2017 mengatakan bahwa pengusaha berencana menambah 36 persen lebih banyak pekerjaan di tahun mendatang. Meskipun ini secara umum menjadi pertanda baik bagi pencari kerja, tips berikut ini akan menunjukkan kepadamu bukan hanya bagaimana cara mendapatkan pekerjaan, tetapi bagaimana menampilkan diri secara profesional dan setiap wawancara sehingga kamu memiliki pilihan pekerjaan yang kamu inginkan.

Kembangkan Resume dan Surat Pengantar Profesional

Lakukan apa yang diperlukan untuk membuat resume yang masuk dalam lima hingga 10 persen kandidat teratas. Pastikan resume dan surat lamaranmu tidak memiliki kesalahan ketik, kesalahan tata bahasa atau masalah lainnya. Satu kesalahan bisa mendapatkan resumemu dan surat pengantar segera disaring ke tumpukan keranjang sampah, tanpa pertimbangan lebih lanjut.

Temukan cara untuk membedakan dirimu dari kandidat lain untuk membuktikan kepada atasan bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Targetkan resumemu ke posisi spesifik sebanyak yang kamu bisa, sehingga itu mencerminkan bahwa kamu memiliki pengalaman dan kualitas untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Untuk lulusan baru yang tidak mengerti mengapa mereka tidak dipanggil untuk wawancara, lihat kembali resume dan surat lamaranmu.

Kiat untuk Mencari Kerja dengan Sukses

  1. Buat resume dan surat pengantar yang bersaing dengan lima hingga 10 persen kandidat.
  2. Networking dengan semua orang yang kamu kenal sehingga kmau bisa mencari tahu tentang peluang yang tidak diiklankan dan agar orang lain tahu dan dapat merekomendasikan kamu untuk lowongan pekerjaan saat ini.
  3. Ikuti perkembangan pasar kerja saat ini sehingga kamu bisa menjadi salah satu orang pertama yang melamar begitu pasar kerja terbuka.
  4. Pertahankan pendekatan proaktif untuk pencarian pekerjaanmu sehingga kamu tidak ketinggalan posisi baru yang terbuka.

Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend