Kenali Perbedaan Orang Produktif dan Sibuk

Perlu diketahui produktif dan sibuk adalah dua hal yang berbeda.


0
Share via
1 share

Produktif dan sibuk seringkali dinilai sama karena pekerjaan yang dilakukan terlihat banyak dan terus menerus. Padahal jika kita lihat dengan teliti, produktif dan sibuk itu merupakan dua hal yang sangat berbeda lho YooReaders. Banyak hal yang membedakan orang produktif dan orang sibuk. Agar tidak keliru, yuk kita kenali diri kita termasuk orang produktif atau orang sibuk?

  1. Berani untuk “Mengatakan Tidak”

Berani untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang tidak sesuai atau hal yang bukan menjadi tanggung jawabmu adalah ciri orang produktif. Artinya kamu sudah bisa menilai dan memilih apakah pekerjaan itu penting dan masuk dalam kategori prioritasmu. Berbanding terbalik dengan orang produktif, orang sibuk akan menganggap bahwa semua hal yang mereka kerjakan adalah penting, artinya kamu tidak bisa membuat skala prioritas yang benar. 

  1. Bertindak tanpa berpikir

Bertindak tanpa berpikir adalah ciri dari orang sibuk. Mereka cenderung mengindahkan semua tawaran dengan “mengatakan iya” sekalipun itu pekerjaan yang tidak penting. Kalian cenderung bersedia menerima pekerjaan baik info, instruksi atau melakukan pekerjaan sepanjang waktu, karena tidak memiliki jam kerja yang jelas. Hal ini tentu berbeda dengan orang produktif yang selalu berpikir sebelum bertindak. 

  1. Multitasking

Melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu namun dengan hasil yang maksimal termasuk tanda kamu orang yang sibuk. Kalian hanya mengerjakan dengan didasari tujuan jangka pendek yaitu tuntutan pekerjaan. Berbeda dengan orang produktif, yang selalu mengurutkan pekerjaan terpenting yang harus dilakukan berdasarkan kepentingan dan batas waktu akhir. 

  1. Mengetahui Batasan

Orang yang produktif pasti akan mengetahui batasan yang harus ia lakukan. Mereka tahu kapan waktu beristirahat, bekerja, liburan dan melakukan aktivitas lainnya. Hal itu disebabkan mereka selalu memperhatikan fokus utama dan mengetahui tujuan yang jelas setiap apa yang mereka lakukan. Sebaliknya, orang yang sibuk cenderung melewatkan waktu istirahatnya karena dihabiskan oleh pekerjaan.

Menurut KBBI, produktif adalah sesuatu yang bersifat atau mampu menghasilkan dalam jumlah besar; mendatangkan, memberi hasil dan manfaat. Sedangkan pengertian sibuk menurut KBBI adalah, sesuatu yang banyak dikerjakan,mengerjakan sesuatu,dan penuh dengan kegiatan. Terlihat jelas bukan perbedaan orang sibuk dan produktif? Yuk kenali diri kalian termasuk orang yang sibuk atau produktif?

Sumber gambar:https://unsplash.com/photos


Like it? Share with your friends!

0
Share via
1 share

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend