Kenali Lebih Dalam Profesi Executive Producer! Cocok Untuk Kamu Yang Mau Kerja di Dunia Broadcasting

Dua hal tersebut sering kamu lihat dalam credit film dan di TV. Tetapi sebenarnya apa sih artinya Executive Producer?


0
Share via
41 shares

Pastinya kamu pernah denger istilah Producer, ataupun Executive Producer. Dua hal tersebut sering kamu lihat dalam credit film. Tetapi sebenarnya apa sih artinya Producer atau Executive Producer

Yang membedakan Executive Producer dan Producer adalah fungsi dan tugasnya. Jika Producer adalah pelaksana dari sebuah produksi dimana Producer akan bekerja full dalam proses produksi. Tetapi Executive Producer hanya terlibat 60% dari proses produksi dan sisanya mengurus hal yang berkaitan dengan bisnis. Lebih tepatnya, Executive Producer menjembatani hal-hal bisnis dan produksi.

Untuk menjadi seorang Executive Producer kamu harus melalui beberapa tahapan jenjang karir yang tentunya harus dilakukan dengan kerja keras. Adapun tahapannya adalah mulai dari Production Assistant terlebih dahulu lalu lanjut menjadi Associate Producer, kemudian Producer hingga akhirnya bisa menjadi Executive Producer

Executive Producer merupakan orang yang melakukan supervisi atau pengawasan secara langsung terhadap program acaran yang akan maupun sedang diproduksi. Salah satu kegiatannya adalah mengawasi pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Ada juga beberapa hal yang harus diawasi seperti konten yang harus diedit dan juga memastikan bahwa konten tersebut akan menarik para pengiklan.

Jika kamu ingin menjadi Executive Producer, kamu harus memulai karir dari Production Assistant. Karena jenjang karir untuk sampai ke Executive Producer lebih dekat dibanding posisi lain. Secara permasalahan teknis dan non-teknis, kamu juga akan lebih paham. karena Production Assistant adalah pembantu producer, sehingga kamu akan belajar banyak hal dari apa yang dilakukan secara langsung.

Kamu akan sering bertemu dengan rating dan share, karena Executive Producer akan memantau bagaimana perkembangan sebuah program. Dody Frimansyah, Executive Producer NET. TV mengatakan bahwa program yang bagus dengan rating dan share yang baik akan mendatangkan pengiklan.

Tetapi ini tidak terjadi di semua kasus, ada juga program dengan rating dan share bagus tetapi tidak mendatangkan pengiklan. Tugas Executive Producer disini akan lebih banyak berbicara mengenai startegi bisnis dari sebuah program dan berhubungan dengan banyak pihak. Maka dari itu dibutuhkan skill manajerial seperti Budget (dana), People (orang), dan communication (komunikasi). Selain itu Executive Producer dan Producer juga harus memilih orang-orang yang akan bergabung dan bekerja dalam tim produksinya. Pemilihan tim juga adalah hal yang penting karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda.

Untuk menjadi Executive Producer tidak perlu punya latar pendidikan khusus loh, yooreaders. Walalupun kamu hanya mempunyai bekal dasar tentang teknis dan kemampuan dari pelatihan ataupun kuliah, itu juga bisa menjadi nilai tambah lho. Karena kamu juga akan belajar dari pengalaman-pengalaman, dan prakteknya dilapangan. Maka dari itu kalau kamu ingin menjadi Executive Producer kamu harus mempunyai sikap ulet, persisten (gigih), dan jangan malu bertanya. Gimana? Tertarik berkarir menjadi Executive Producer?


Like it? Share with your friends!

0
Share via
41 shares

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
2
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
4
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend