Digital Marketing saat ini menjadi sesuatu yang sangat populer. Bersamaan dengan cepatnya perkembangan dunia digital dan infrastruktur internet yang semakin memadai, membuat strategi marketing yang ingin dijalanjan menjadi lebih efisien dan mudah. Jika sebelumnya untuk memasarkan sebuah produk kita harus membuat iklan di televisi atau media cetak, saat ini semua bisa dilakukan hanya melalui dunia digital.
Bagi kamu yang masih bingung apa sih sebenarnya digital marketing itu? Ini adalah panduan untuk mengetahui lebih banyak mengenai digital marketing dan mengasah keterampilan agar mendapatkan informasi terbaru mengenai digital marketing.
Apa itu Digital Marketing?

Dilansir dari digitalmarketer.com, digital marketing adalah kegiatan penjualan produk atau service yang memanfaatkan internet sebagai taktik pemasarannya, seperti social media marketing, search marketing, dan email marketing.
Digital markerting sangat penting untuk bisnis di jaman modern ini karena internet sangat berperan penting dalam bagaimana konsumen membuat keputusan untuk membeli. Internet juga memberi pengaruh pada bagaimana cara konsumen membeli produk dan layanan seperti apa yang konsumen inginkan.
Konsumen cenderung menggunakan internet untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan mengenai suatu produk yang ingin dibeli. Bahkan ketika mereka membeli produk di toko offline, konsumen tetap mencari informasinya terlebih dahulu di internet.
Bagaimana cara kerja Digital Marketing?
Digital marketing pada umumnya tidak berbeda dengan marketing 'offline'. Keduanya sama - sama berusaha untuk mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan dengan berbagai prospek ke pelanggan.
Tetapi digital marketing telah menggantikan sebagian besar taktik marketing 'offline' karena sudah dirancang untuk menjangkau konsumen lebih jauh dengan waktu yang lebih singkat dan biaya lebih murah.
Sebagai contoh, jika ingin membeli suatu produk, kamu akan mencari informasi mengenai produk tersebut di internet. Keputusan pembelian akan berdasarkan ulasan atau review yang dibaca di internet, pendapat orang terdekat, hingga harga yang cocok pada kantongmu.
Sebagian besar keputusan pembelian dimulai dari apa yang ada di internet. Karena itu, keberadaan internet sudah mutlak diperlukan apapun itu yang kamu jual.

Kuncinya adalah mengembangkan strategi digital marketing di berbagai macam platform agar selalu terhubung dengan para konsumen. Ada beberapa cara yang harus dimaksimalkan untuk mengembangkan strategi digital marketing yang biasa digunakan:
- Konten: Konten yang menarik penting untuk menarik konsumen dan juga memberukan informasi terbaru mengenai bisnis.
- Media sosial: Digunakan untuk membagikan konten dan juga berinteraksi dengan followersmu
- SEO (Search Engine Optimazion): Digunakan untuk mengoptimalkan kontenmu agar muncul di halaman pertama jika seseorang mencari informasi mengenai produk terkait.
- Advertising: Berguna untuk mengarahkan traffic dengan menggunakan iklan berbayar ke website-mu atau tempat orang - orang bisa melihat penawaran produkmu.
- Email Marketing: Agar konsumen selalu memakai produkmu dalam waktu yang lama, pastikan kamu selalu up to date untuk menyediakan kebutuhan - kebutuhan konsumen dan memberikan informasi ini melalui email.
Jika kamu berhasil mengkolaborasikan semua unsur - unsur diatas, kamu akan sangat efisien dalam mengoperasikan tools digital marketing.
Keuntungan dari Digital Marketing?
Ada beberpa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berhasil menerapkan digital marketing:
- Memudahkan kamu untuk menciptakan awareness (kemampuan konsumen dalam mengenali merek atau produk) dan keterlibatan konsumen baik sebelum dan sesudah penjualan.
- Membantu kamu menarik para konsumen baru agar tertarik hingga mau membeli produkmu.
- Konten yang menarik dalam menyebarkan suatu produk akan lebih banyak tersebar terutama melalui media sosial. Artinya produk kamu jadi lebih cepat dikenal orang banyak dalam waktu yang singkat.
- Mempersingkat dan mempermudah pembeli untuk memilih penawaran produk yang tepat.
Sebenarnya cukup mudah untuk memahami mengenai digital marketing. Apalagi jika kamu mengimplementasikan strategi - strategi tadi, kamu akan lebih optimal dalam mengembangkan bisnismu tanpa harus mengeluarkan usaha dan biaya yang besar.
0 Comments