Yooreaders tahu gak sih? Indonesia memiliki pengguna instagram terbanyak ke empat di dunia. Menurut data dari instagram jumlah pengguna instagram di Indonesia mencapai 60 juta pengguna dengan pengguna berasal dari kalangan usia 18 sampai 34 tahun. Tech in Asia juga melaporkan jika 45 persen pengguna instagram di Indonesia seing membeli produk yang mereka lihat dari instagram.
Tentu ini menjadi salah satu peluang untuk kamu yang memanfaatkan instagram menjadi media bisnis. Salah satu fitur yang sering dimanfaatkan adalah Instagram ads. Instagram ads berguna untuk meningkatkan brand awareness, traffic, mengumpulkan leads baru, hingga sampai pada tahap konversi. Tapi masih banyak yang belum bisa memanfaatkan fitur ini dengan baik, karena belum atau tidak mengetahui bagaimana cara memasang iklan melalui Instagram ads. Jangan lupa, kamu harus mengubah akun instagram kamu jadi instagram bisnis yang telah dihubungkan dengan fanpage facebook. Ada 5 cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat akun Facebook, yakni Facebook Ads Manager, Facebook Power Editor, Facebook Marketing API, Instagram Partners, dan dari aplikasi Instagram itu sendiri. Membuat iklan melalui Facebook Ads Manager relatif lebih mudah.
Kali ini Yooreka akan bagikan 7 langkah membuat instagram ads melalui Facebook Ads Manager :
Pilih Tujuan Iklan
Ada sebelas opsi yang bisa Yooreaders pilih,seperti Brand Awareness, Reach, Traffic, EngagementApp Installs, Video Views, Lead Generation, Messages, Conversion, Catalogue Sales, dan Store Visit
Berikan Judul Pada Proyek Iklan Anda
Berikan judul menarik dan jangan lupa menambahkan range tanggal pada setiap judul kampanye iklan yang kamu buat. Hal ini bertujuan agar kampanye iklan tersusun dengan baik dan teratur sehingga memudahkan saat melakukan tracking dan evaluasi.
Atur Target Audience
Yooreaders perlu berhati-hati ketika menentukan target audiens. Target audiens ditentukan berdasarkan beberapa hal misalnya usia, lokasi, jenis kelamin, bahasa yang digunakan, dan sebagainya. Target audiens adalah elemen penting yang sangat mempengaruhi keberhasilan iklan berkemungkinan besar menarik pada produk.
Atur Tempat Iklan Anda akan Ditayangkan
Facebook Ads Manager ada beberapa lokasi yang bisa di pilih untuk menayangkan iklan, pilih instagram. Selain itu terdapat pilihan lokasi lain yang bisa dipilih sekaligus dengan Facebook News Feed. Seperti gambar dibawah ini:
Set Up Budget dan Bidding Iklan Instagram
Tentukan seberapa banyak uang yang akan dilakukan untuk beriklan di instagram. Set up budget bisa menggunakan sistem anggaran harian, mingguan, ataupun bulanan. Budget yang digunakan akan di sesuaikan dengan range hari penayangan iklan tersebut. Contohnya, menyiapkan Rp 100.000 untuk 3 hari, maka iklan akan ditampilkan dalam jumlah yang setara dengan Rp 100.000. Semakin besar jumlah dana yang digunakan untuk beriklan akan semakin luas juga dalam menjangkau audiens.
Pilih Format Iklan
7 format iklan yang ada, yakni single image ads, carousel ads, video ads, slideshow ads, lead ads, stories image ads, dan stories video ads. Pilihlah salah satu format dan semua jenis iklan tersebut didesain agar berfungsi efektif di semua perangkat dan kecepatan koneksi.
Setelah memilih jenis iklan, langkah selanjutnya mengisi detail dari iklan seperti headline, text, dan tombol call-to-action (CTA). Preview tool bisa digunakan untuk melihat bagaimana penampilan dari iklan yang akan dipublish.
Place Order
Setelah semua penyesuaian telah dilakukan, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah place order atau memesan iklan. Setelah dipesan, iklan tersebut akan terlebih dahulu di-review dan akan di-publish oleh Instagram.
Tak sekedar hanya beriklan saja yang perlu dipikirkan agar berjalan dengan efektif. Namun kita juga perlu menyiapkan platform yang digunakan dengan sebaik mungkin seperti website karena dengan kita beriklan tentu audiens yang tertarik akan mengunjungi platform bisnis yang digunakan.
0 Comments