Kapan Sih Kita Perlu Ke Psikolog? Kenali Tandanya!

4 tanda kamu harus datang ke psikolog.


0
Share via
1 share

Sebagian orang berfikir, jika pergi ke psikolog pasti memiliki masalah kejiwaan yang cukup berat. Masih banyak juga orang-orang yang merasa tersinggung karena disarankan untuk bertemu dengan psikolog. Tetapi kalau hanya sekedar cerita tentang permasalahan, kenapa tidak bisa kepada teman dan sanak terdekat? Apa sih bedanya curhat ke psikolog dan kerabat terdekat? Kapan sih kamu butuh datang ke psikolog?

Pergi ke Psikolog bukan berarti kamu gila. Para ahli ilmu psikologi mempelajari ilmu mengenai perilaku manusia, untuk menjadi seorang psikolog harus menjalani pendidikan formal S1 Psikologi dan melanjutkan pendidikan tingkat S2 atau Profesi Psikologi. Masalah yang bisa di tangani oleh psikolog sangat beragam, mulai dari masalah klinis seperti depresi, masalah perilaku, atau issue yang muncul karena kejadian tertentu. Misalnya stress karena mengalami musibah, berduka atau sulit beradaptasi sata memasuki lingkungan baru. Tetapi psikolog pun juga bisa membantumu untuk bisa memaksimalkan potensi, misalnya dengn melakukan serangkaian tes minat dan bakat.

Jika kamu mengalami permasalahan yang cukup pelik dan kamu tidak tahu harus konsultasi kemana, psikolog adalah hal yang tepat. Kamu bisa kenali tanda-tanda ini, jika memang masalahmu tidak bisa teratasi datanglah ke psikolog. Ini dia tanda-tandanya:

  1. 1 Saat masalahmu mulai mengganggu kegiatan sehari-hari.


    Ketika masalahmu sudah menggangu keseharianmu seperti menjadi tidak bersemangat bekerja, susah fokus, atau hubungan dengan orang sekitar memburuk. Saat itulah kamu membutuhkan bantuan psikologi.

    Kamu bisa perhatikan seberapa besar rasa marah dan sedihmu. Apakah perasaan itu membuatmu depresi dan stres? Apakah hal itu membuatmu merasa cemas berlebihan, susah tidur, putus asa dan sakit-sakitan? Kau harus berhati-hati jika ini terjadi terlalu lama, kamu membutuhkan pertolongan psikolog.

  2. 2 Saat orang terdekat mulai merasa terganggu dengan masalahmu


    Teman dan keluarga pasti akan membantumu ketika ada masalah, tetapi ada saatnya ketika mereka sudah maksimal membantu tetapi masalahmu tak kunjung selesai juga. Mereka pun memiliki kepasitas, sejauh mana mereka bisa mengerti dan memahamimu. Jika sudah dalam tahap tidak ada seorang pun yang bisa mengerti dan peduli denganmu, kamu bisa datang ke psikolog.



Like it? Share with your friends!

0
Share via
1 share

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
1
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend