Jangan Sampai Tertukar, Ini Dia Perbedaan Copywriter dan Content Writer.

Hampir serupa tetapi ternyata berbeda loh!


Saat ini semakin banyak jenis pekerjaan baru yang muncul karena adanya teknologi, semakin banyaknya kebutuhan pekerja yang bisa menguasai dunia perdigitalan. Contohnya adalah Copywriter dan Content Writer, kedua profesi ini jika dilihat sangat sejenis. Masih banyak yang masih bingung membedakan kedua fungsi profesi ini. Untuk itu yuk kita ulas perbedaan Copywriter dan Content Writer menurut constant-content.com:

Apa Itu Copywriter?

Seorang Copywriter berkecimpung dalam sebuah bisnis persuasi. Copywriting adalah kegiatan menulis menggunakan kata-kata dan bahasa yang bisa meyakinkan dan membujuk pembaca untuk bisa mengambil tindakan, apakah itu membeli sebuah produk atau terlibat bekerjasama dengan perusahaan. Profesi ini juga bisa disebut degan sales writing karena biasa digunakan pada iklan, email, iklan cetak, iklan digital, brosur, dll. 

Berbeda dengan bentuk penulisan konten lainnya, Copywrting biasanya lebih banyak melibatkan percakapan dan lebih interaktif. Karena memang tujuannya adalah meyakinkan pembaca. Copywriter bisa berspesialisasi dalam Product Copy, SEO Copy, dan beberapa bisa fokus pada industri penulisan tertentu.

Apa Itu Content Writer?

Berbeda dengan Copywriter,  Content Writer lebih memperhatikan konten yang akan dibuatnya apakah konten tersebut mengandung informasi, mendidik, menghibur, atau mengintruksikan sesuatu kepada pembaca. Profesi ini bergelut dalam strategi online marketing dan bisa membuat konten untuk banyak channel contohnya website, sosial media, email, blog, dll.

Tidak seperti copywriter, penulis konten lebih peduli dengan konten yang menginformasikan, mendidik, menghibur, atau menginstruksikan pembaca. Mereka berpengalaman dalam strategi pemasaran online dan dapat membuat konten untuk banyak saluran, termasuk situs web, blog, media sosial, dan email. Konten tersebut biasanya dirancang untuk memperkuat hubungan antara pembaca dan perusahaan.

Nah itu dia ulasan dari profesi Copywriter dan Content Writer, jangan sampai tertukar ya yooreaders. Apalagi sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan posisi-posisi ini, sebaiknya kamu membaca dulu persyaratan hingga job description agar kamu tidak salah apply juga. Jadi kamu ingin menjadi Copywriter atau Content Writer nih?


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend