Interview Do’s: Lakukan Ini Saat Interview Kerja

Pelajari dan lakukan dengan baik.


Menghadapi interview kerja memang bukan tahapan yang mudah bagi seorang calon karyawan, dibutuhkan persiapan khusus agar saat proses interview bisa berjalan dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus kalian persiapkan dan lakukan saat akan melakukan interview kerja:

  1. 1 Pelajari tentang perusahaan dan posisi yang dilamar

    Kenali profil perusahaan dengan baik dan benar, cari informasi dari mulai hal umum seputar perusahaan sampai informasi posisi yang akan kalian lamar. Kalian bisa mencari informasi tersebut melalui sumber terpercaya seperti website resmi perusahaan. Bila memungkinkan carilah informasi tambahan seputar prestasi yang dicapai dari perusahaan, serta kegiatan kerjasama perusahaan tersebut. Hal itu akan menjadi nilai tambah karena kalian akan terlihat serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.

  2. 2 Datang tepat waktu

    Usahakan datang ke tempat interview paling lambat 30 menit sebelum jam interview dimulai. Manfaat dari datang tepat waktu adalah bisa merapikan pakaian dan menyiapkan hal yang diminta pada sesi interview contohnya kelengkapan data diri atau file pendukung, sedikit mengurangi rasa grogi kalian karena tidak harus terburu-buru memasuki ruang interview, memberikan kesan pertama yang baik karena tidak terlambat dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan masih punya waktu untuk memperbaiki.  

  3. 3 Gunakan pakaian yang sesuai

    Gunakan pakaian yang rapi dan sopan, kalian harus bisa menyesuaikan tipe dan budaya berpakaian di perusahaan tersebut seperti apa, apakah memungkinkan untuk menggunakan semi formal (jika di startup) atau formal (jika di korporat).

  4. 4 Membawa dokumen penting yang dibutuhkan terkait rekrutmen

    Siapkan dokumen-dokumen yang diminta pada saat sesi interview. Jika perusahaan tidak meminta secara khusus, kalian bisa inisiatif membawa file penting pada umumnya seperti CV, Portofolio, dan cover letter.

  5. 5 "Sell yourself"

    Sell yourself disini artinya menunjukan kemampuan diri kalian. Jika kalian diberikan kesempatan untuk menjelaskan diri kalian oleh rekruter, maka jelaskan kemampuan dan kelebihan yang kalian miliki dengan baik, benar, jujur dan tentunya kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan.  

  6. 6 Percaya diri

    Yakinkan diri kalian dengan hal-hal positif, namun tetap sesuai batasan. Jangan sampai karena terlalu percaya diri kalian tidak mempersiapkan interview dengan baik dan akhirnya kecewa dengan hasil yang tidak sesuai harapan, pikirkan segala sesuatu dengan baik sebelum bertindak. 

    Jika kalian sudah mengetahui hal apa saja yang harus kalian lakukan saat akan melakukan interview kerja, maka lakukanlah dengan baik. Persiapkan segala sesuatunya dengan maksimal untuk dapatkan hasil yang diharapkan.

    Gambar Thumbnail:https://rencanamu.id


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend