Instagram vs TikTok

Setelah Instagram, TikTok adalah media sosial baru yang mengejutkan banyak orang dengan pertumbuhannya dan tingginya jumlah unduhan.


Banyak platform media sosial muncul setiap hari, tetapi semuanya tidak memiliki kesempatan untuk menjadi populer dan menjadi viral. Instagram melakukannya dengan sangat baik dan membuat banyak pengguna dari seluruh dunia begitu cepat sehingga tumbuh lebih cepat daripada Twitter, yang digunakan sebelum Instagram.

Setelah Instagram, TikTok adalah media sosial baru yang mengejutkan banyak orang dengan pertumbuhannya dan tingginya jumlah unduhan.

Dengan menjadikan TikTok sebagai aplikasi yang populer, banyak orang membandingkan kedua platform ini untuk mengetahui Instagram dan TikTok dengan lebih baik untuk memilih mana yang akan digunakan dan menghabiskan lebih banyak waktu. Kamu pasti melihat banyak remaja dan anak muda yang menghabiskan banyak waktu menggunakan ponsel mereka, TikTok mungkin menjadi salah satu platform yang mereka habiskan.

TikTok

TikTok adalah aplikasi baru yang diwakili mirip dengan Dubsmash, tetapi sama sekali berbeda dari platform lain. TikTok, yang dikenal sebagai Douyin di Cina, adalah platform untuk berbagi dan membuat video melalui lagu.

Dilansir dri instazood.com pada Juni 2018, TikTok mengumumkan bahwa ia telah mencapai 500 juta pengguna aktif bulanan di 150 negara, itu adalah aplikasi pertama setelah WeChat yang menjadi viral dalam waktu singkat.

TikTok cocok untuk segala usia; kamu akan menemukan video apa pun di sana seperti komedi, tarian, binatang, olahraga, makanan, vlog, dll. Tetapi menurut statistik, sebagian besar pengguna TikTok kebanyakan adalah orang dewasa muda, remaja, dan remaja yang merekam diri mereka sendiri ketika mereka menari dengan lagu yang populer. Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar pengguna TikTok adalah milik Generasi Z. Statistik menunjukkan bahwa 8,2 juta pengguna TikTok adalah perempuan dan anak perempuan yang lebih dari pengguna laki-laki yang 6,1 juta.

Video TikTok dapat direkam hingga 15 detik dengan beberapa efek, filter, dan stiker yang membantu kamu meningkatkan video. TikTok mirip dengan Instagram dalam memiliki opsi teks, tetapi terbatas hingga 100 karakter.

Tampaknya Influencer tertarik untuk menggunakan TikTok juga bahwa mereka mengundang pengikut mereka di Twitter, Instagram, Facebook, dll. Untuk mengikuti mereka di TikTok juga. Sebagai Contoh, Sssniperwolf yang merupakan gamer video terkenal di Instagram telah meminta para pengikutnya untuk melihat videonya di TikTok dan mengikutinya di aplikasi tersebut.

Apakah ada iklan di TikTok dan juga Instagram?

Instagram dan TikTok memiliki model revenue yang sangat berbeda; Pendapatan Instagram didasarkan pada iklannya yang ditampilkan kepada pengguna di feed Instagram mereka dan cerita berdasarkan usia pengguna, lokasi, minat, dll.

Kalau adalah pengguna TikTok, kamu mungkin telah memperhatikan bahwa tidak ada iklan di TikTok, yang saya kira mungkin menjadi alasan utama mengapa ia menjadi sangat populer di seluruh dunia. Dengan melihat iklan di mana-mana akhir-akhir ini seperti ponsel ketika kamu browsing di internet, di media sosial, di papan iklan jalanan, di toko, dll. Orang mungkin akhirnya bosan melihat iklan di sekitar mereka dan hanya mencari tempat untuk bersenang-senang saja tanpa melihat iklan.

Pendapatan TikTok didasarkan pada pembelian dalam aplikasi pengguna, seperti hadiah digital dan emoji. Pada Oktober 2018, Tik Tok menghasilkan $ 3,5 juta hanya dalam satu bulan pembelian dalam aplikasi.

Kalau amu tertarik untuk mengetahui Statistik TikTok, di sini saya mengumpulkan beberapa:

  • TikTok diunduh lebih dari 660 juta kali pada 2018.
  • TikTok lebih populer di Android daripada iOS.
  • Lebih dari 500 juta orang secara global menggunakan TikTok setiap bulan
  • 26,5 juta dari 500 juta pengguna aktif bulanan berasal dari A.S.
  • Basis pengguna TikTok sebagian besar berbasis di India pada 43% dari semua pengguna.
  • 66% pengguna berusia di bawah 30 tahun.
  • Pengguna biasanya menghabiskan sekitar 52 menit per hari di aplikasi.
  • 80% sesi TikTok ada di perangkat Android.
  • Pembelian dalam aplikasi meningkat sebesar 275% dari tahun ke tahun.
  • 29% pengguna bulanan membuka TikTok setiap hari.
  • #RaindropChallenge memiliki lebih dari 685,7 juta tampilan di TikTok.
  • #TumbleweedChallenge dari Jimmy Fallon menciptakan 8.000 video dengan lebih dari 9 juta tampilan dalam tujuh hari.
  • Ada lebih dari 5 juta video tantangan #InMyFeelings di TikTok dibandingkan dengan 1,7 juta di Instagram.

Instagram

Kamu mungkin memperhatikan bahwa Instagram adalah platform berbagi foto dan video, tetapi TikTok digunakan untuk membuat dan berbagi video pendek. Di Instagram, kamu dapat mengunggah video lebih dari 1 menit di IGTV, tetapi kamu tidak dapat mengunggah video panjang di TikTok. Kamu juga dapat mengunggah Cerita di Instagram yang berlangsung selama 24 jam.

Instagram pertama kali terkenal hanya karena filter dan umpannya; kemudian menjadi lebih populer dengan memiliki pembaruan seperti pengiriman pesan langsung, Cerita, IGTV, dll.

Membandingkan rentang usia pengguna TikTok dan Instagram, kami menyebutkan bahwa sebagian besar pengguna TikTok milik generasi Z dan sebagian besar pengguna Instagram milik generasi Y. Juga, sebagian besar pengguna TikTok dan Instagram adalah wanita.

Berapa banyak waktu yang dihabiskan orang di Instagram dan TikTok?

Orang-orang menghabiskan waktu di TikTok untuk merekam video dan menonton video orang lain, yang menghabiskan rata-rata 52 menit per hari di aplikasi, yang hanya 1 menit lebih sedikit dari Instagram.

TikTok akan lebih populer daripada Instagram jika terus tumbuh seperti sekarang. Kita harus menunggu dan melihat apa yang akan terjadi untuk Instagram dan TikTok di tahun mendatang.

Apa pendapat kamu tentang Instagram dan TikTok?
Kamu lebih suka menjadi lebih aktif di Instagram atau TikTok?


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
1
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. TT rame karena setiap user punya kesempatan yang sama untuk terkenal lewat jalur FYP . Kalau di IG kalo mau terkenal , post kita harusnya direpost sama orang lain yg mana itu sulit . Lebih besar dari IG ? mungkin . Tp kalo untuk eksis lebih lama kayanya susah . Cenderung cepat bosan kalo di TT karena siklusnya sama . Sedangkan IG sendiri itu sosmed berupa media . User bisa share foto + video . Kalo TT lebih ke arah TOOLS nya dan hasilnya disebar ke IG

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend