Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Dalam Membangun Bisnis Di Tahap Awal

Membangun bisnis bukan hal yang mudah, butuh kerja keras dan pengetahuan untuk mendukungnya


Saat ini banyak generasi muda yang lebih memilih untuk memulai bisnis dibandingkan bekerja kantoran. Terlepas dari apapun alasannya, menjadi entrepreneur saat ini banyak diminati. Masalahnya, untuk untuk bisa memulai bisnis, butuh berbagai persiapan dan pengetahuan yang cukup. Tidak bisa jika hanya bermodal produk yang baik dan juga founder yang keren.

Jadi apa saja yang perlu disiapkan atau diketahui sebelum memulai bisnis? Berikut ini adalah jawabannya.

  1. 1 Biaya


    Bagaiamanapun, saat kita akan memulai sebuah bisnis pasti dibutuhkan biaya yang banyak. Mulai dari modal, peralatan, operasional, legal, dan biaya lainnya yang dibutuhkan. Kamu bisa mulai dari berapa modal yang dibutuhkan, dari mana kamu mendapatkannya, atau apakah perlu menggandeng partner untuk modal atau tidak. 

    Intinya semua persiapan ini harus dihitung dengan baik apalagi kamu harus menghitung juga kapan modal ini akan kembali.

  2. 2 Tim


    Seperti yang banyak digaungkan oleh pegiat startup, perbanyak kolaborasi kurangi kompetisi. Dalam hal ini, kamu harus memiliki tim yang solid dan memiliki kemampuan yang baik. Selain itu, memiliki tim dengan latar belakang yang berbeda juga adalah yang penting. Latar belekang tim yang berbeda ini juga akan membangun kolaborasi yang baik. 

    Dengan susunan tim yang beragam, nantinya kamu bisa mendapatkan solusi yang lebih baik dan dengan sudut pandang yang lebih luas.

  3. 3 Pasar


    Sebelum memulai usaha, ada baiknya melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Lihat apakah ada konsumen yang nantinya akan menggunakan produk kamu, berapa banyak, dan lihat juga produk kompetitor. Dengan analisa tersebut, kamu bisa belihat kemungkinan produk kamu digunakan konsumen dan juga seberapa kuat akan bersaing dengan kompetitor.

  4. 4 Marketing


    Ketika sudah tau siapa yang akan membeli produk kamu, tentukan bentuk marketing yang tepat untuk menggaet mereka. Dari analisa ini kamu bisa menentukan apakah menggunakan media sosial, lewat booth di acara anak muda, atau ada cara lain yang sekiranya lebih efektif. Jika kamu sudah memiliki pasar yang jelas dan setia, tetap jangan berhenti untuk melakukan marketing untuk menjalin hubungan baik dengan mereka yang menggunakan produk kamu.

  5. 5 Fleksibel


    Feksibel di sini maksudnya kamu harus cepat beradaptasi dengan pasar. Jika bisnis kamu belum berhasil, cobalah untuk belajar dari kompetitor, kebutuhan konsumen, dan juga kegagalan yang pernah kamu lewati. Jika kamu bisa beradaptasi dengan cepat, kamu tidak akan kehilangan pangsa pasar yang ada dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sebelum kompetitor lain melakukannya.

  6. 6 Jangan menyerah


    Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, terlebih di tahap awal ketika baru berjalan. Kamu dipastikan akan menemukan berbagai masalah yang menghadang. Tapi yang pasti, dari semua masalah tersebut kamu harus bisa belajar dan beradaptasi agar kegagalan dan masalah yang muncul menjadi pemicu agar bisnis yang kamu bangun menjadi berhasil nantinya.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend