Menulis email sacara profesional sangatlah penting. Apalagi jika kamu seorang fresh graduate yang ingin mengirim email kepada perusahaan – perusahaan, maka email tersebut harus formal dan profesional. Banyak yang masih tidak mengerti cara mengirim email profesional, bahkan kandidat yang mencari pekerjaan mengirimkan email untuk melamar dengan body email yang kosong. Itu adalah kesalahan besar.
Agar tidak mengalami kesalahan tersebut, ini adalah tips mengirimkan email profesional untuk melamar kerja menurut the balance career.
-
1 Baris Subjek
Baris subjek harus ditulis secara ringkas dan menyampaikan tujuan kamu. Baris subjek tidak harus panjang, dapat dibuat sederhana seperti "Terima Kasih..." atau "Permintaan Rekomendasi."
-
2 Salam
Walaupun kamu menulis email yang sangat singkat, selalu sertakan salam. Jika kamu tahu nama orang itu, jangan lupa untuk menyertakannya di dalam email. Kecuali jika kamu menggunakan nama depan orang tersebut, sertakan juga titel mereka sebelum nama seperti Bapak Dr.(nama).
-
3 Durasi
Pastikan bahwa email yang kamu tulis sesingkat mungkin. Orang cenderung membaca sepintas saja, jadi hanya tulis informasi yang penting dan ingin disampaikan.
-
4 Font
Hindari hiasan, font playful, atau berwarna karena akan mengalihkan penerima dari pesan yang sebenarnya. Hindari juga penggunaan huruf tebal dan miring yang berlebihan, karena akan membuat email terlihat berantakan. Ingatlah, jangan menulis dalam huruf kapital semua karena terlihat seperti marah atau berlebihan dalam email.
0 Comments