Saat kamu ditunjuk untuk menjadi pemimpin di tempat kerja, bukan berarti kamu jadi bisa bertindak semaunya loh. Justru kamu harus menunjukkan wibawa dan kebijaksanaan dalam memimpin team yang kamu kelola, agar memiliki kinerja yang lebih baik lagi. Ingat, menjadi pemimpin adalah sebuah tangguung jawab yang besar.
Agar tidak salah langkah, berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan agar menjadi pemimpin yang baik.
Menjadi Panutan
Saat kamu menjadi pemimpin, bersiaplah untuk menjadi panutan bagi rekan kerja yang lain. Kamu harus menunjukkan kinerja terbaik sehingga mereka akan ikut termotivasi dan melakukan pekerjaannya dengan lebih maksimal.
Perjelas Aturan Dan Ekspektasi Yang Diinginkan

Apabila kamu mempunyai aturan atau ekspektasi yang diinginkan dari karyawan yang dipimpin, sebaiknya sampaikan hal tersebut dari awal. Hal ini penting agar mereka mengetahui dengan jelas apa yang kamu inginkan.
Menerima Masukan
Ketika menjadi seorang pemimpin, kamu bukan hanya harus memberikan masukan kepada karyawanmu, tetapi berlaku juga sebaliknya. Pemimpin yang baik harus mendengarkan masukan dari rekan kerja lain untuk menghormati pendapat mereka. Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu bisa memperbaiki sikap atau bahkan kinerja kamu agar bisa menjadi seorang pemimpin idaman.
Berilah Penghargaan
Penghargaan yang kamu berikan kepada rekan kerja, akan membuat semangat dan motivasi kerja mereka semakin tinggi. Cobalah untuk setidaknya memberikan pujian atas pekerjaan yang sudah mereka lakukan dengan baik. Hal ini tidak hanya akan menambah semangat kerja mereka, tetapi juga membuat mereka semakin menghargai dirimu.
0 Comments