Financial Advisor: Membantumu Merencanakan Keuangan

Biasanya posisi Financial Advisor ada di perusahaan-perusahaan asuransi maupun Bank. Adapula yang membuka jasa atau membuka firma sendiri.


Financial Advisor atau penasihat keuangan membantu klien merencanakan tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk membeli rumah, membayar pendidikan anak-anak, dan pensiun. Financial Advisor mungkin juga memberikan nasihat mengenai investasi, pajak, dan asuransi. Financial Advisor banyak menghabiskan waktu mereka untuk meneliti dan menganalisis peluang investasi dan bertemu dengan klien  membahas strategi investasi yang potensial.

Tugas & Tanggung Jawab Financial Advisor

Tugas pekerjaan khusus untuk penasihat keuangan meliputi:

  • Riset pasar
  • Analisis Pasar
  • Menilai kebutuhan dan tujuan klien
  • Rekomendasikan strategi
  • Mejalankan strategi
  • Memonitor keuangan klien
  • Identifikasi peluang baru

Financial Advisor membantu individu membuat  strategi investasi dengan menilai situasi keuangan klien dan membuat rekomendasi yang cocok. Sang Advisor akan menjalankan strategi untuk kebutuhan kliennya. Kebutuhan klien dapat beragam, termasuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan penasihat perlu mempresentasikan strategi yang ia buat untuk menangani semua kebutuhan kliennya. Misalnya, klien mungkin ingin membangun dana pensiun selain menabung untuk biaya kuliah anak-anak yang mungkin hanya beberapa tahun di masa depan.

Agar berhasil, financial advisor perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar investasi dan kemampuan untuk mengidentifikasi saham, atau dana terbaik. 

Biasanya posisi Financial Advisor ada di perusahaan-perusahaan asuransi maupun Bank. Adapula yang membuka jasa atau membuka firma sendiri. Untuk para klien pun berasal dari berbagai macam kalangan, mulai dari berkeluarga dengan tanggungan anak, suami-istri tanpa anak, bahkan yang masih single pun membutuhkan financial advisor.

Untuk kamu yang bercita-cita menajdi profesi ini kamu bisa memilih jurusan kuliah Ekonomi, Management, maupun Akuntansi. Nantinya setelah lulus kuliah kamu akan melewati beberapa sertifkasi untuk mendapatkan sertifikat yang legal untuk menjadi financial advisor. Nah, bagaimana? Tertarik menjadi Financial Advisor?



Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend