Fakta Mengesankan tentang Menteri Energi Malaysia, Yeo Bee Yin

Menteri wanita termuda di Malaysia.


Yeo Bee Yin mengawali karirnya sebagai anggota Majelis negara bagian Damansara Utama hingga Anggota Parlemen Bakri. Sekarang ia menjabat sebagai Menteri Energi, Teknologi Hijau, Ilmu Pengetahuan, Perubahan Iklim dan Lingkungan. Yeo Bee Yin telah memiliki karir politik yang cukup terkenal untuk seorang anak berusia 36 tahun.

Yeo adalah menteri wanita termuda di dalam Kabinet, dan juga ia adalah wakil ketua Pakatan Harapan Youth dan asisten sekertaris publisitas DAP's National. Berikut sekilas prestasi dan latar belakangnya:

  • Yeo Menerima Beasiswa dari Bill dan Melinda Gates Foundation untuk Mengejar Gelar Master di Universitas Cambridge

Yeo adalah salah satu penerima beasiswa Petronas, lulus dari Universitas Teknologi Petronas (UTP) dengan First Class Honours di bidang Teknik Kimia.

Setelah bekerja dengan Schlumberger selama dua tahun, ia melanjutkan mengejar gelar Master di bidang Philosophy in Advanced Chemical Engineering atau Filsafat Teknik Kimia Lanjutan yang dibiayai oleh beasiswa Gates Cambridge dan kemudian lulus dengan penghargaan.

  • Yeo Terpilih Sebagai Anggota Majelis Negara untuk Damansara Utama ketika Ia Berusia 29 tahun, Menjadikannya Anggota Termuda dari Majelis Negara Bagian Selangor dari 2013 hingga 2018

Baru bergabung sebagai fulltime member DAP's National pada Agustus 2012, pemilihan umum ke 13 juga adalah pertama kalinya Yeo berlaga dalam pemilihan politik dan ia menang dengan jumlah mayoritas suara 30.689 yang merupakan mayoritas tertinggi untuk pemilihan politik di Malaysia pada pemilihan umum ke 13.

Pemilihan umum melihat Yeo pindah kembali ke negara asalnya yaitu Johon untuk memperebutkan parlemen Bakri, yang ia menangkan dengan mayoritas 23.211 dimana jumlah tersebut adalah mayoritas tertinggi yang pernah dicapai dalam sejarah parlemen Bakri.

  • Sangat Mendukung Kegiatan Pendidikan, Yeo Meluncurkan Pusat Pendidikan Gratis Bagi Siswa dari Keluarga Berpenghasilan Rendah Melalui Program Pusat Tuisyen Rakyat

Sejak 2014, kantor Yeo telah menjalankan dua pusat pendidikan yang menawarkan kelas gratis bagi siswa berusia antara 7 dan 17 tahun di Damansara Bistari dan Kampung Chempaka.

Selain itu, ia mengorganisir camp pelatihan kepemimpinan untuk mahasiswa yang disebut LEAP (Leadership, Education, Activism and Politics) yang bertujuan untuk mendidik siswa tentang proses politik dan aktivisme di Malaysia. Dia juga mendirikan Program Lawatan Anak Muda (LAM), yang programnya peserta muda bisa mengunjungi Parlemen Malaysia dan Majelis Negara Bagian Selangor.

  • Dia Menulis sebuah Buku, Reimagining Malaysia

Dalam buku itu, Yeo berbagi cerita tentang kisah dan pengalamnnya sebagai anggota parlemen muda yang mencakup "berbagai aspek pembangunan bangsa yang dekat dengan hatiku" seperti reformasi kelembagaan, pendidikan, pemuda, wanita dan pembangunan berkelanjutan.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend