Pebisnis Kuliner Bisa Gunakan Strategi Ini Saat Pandemi

Ubah tantangan menjadi peluang baru agar bisnis tetap berjalan di tengah pandemi.


Bisnis kuliner tentunya tidak akan pernah berhenti, walau dalam keadaan pandemi bisnis kuliner harus tetap berjalan untuk memenuhi kebutuhan primer meski dengan banyak tantangan. Untuk menyiasati tantangan menjadi sebuah peluang, kalian sebagai pelaku usaha bisa lho lakukan hal ini:

  1. 1 Gunakan Delivery order atau Platform order online


    Delivery order atau layanan pesan antar menjadi solusi bagi para pengusaha kuliner ditengah keadaan seperti ini. Agar tetap mendapat pemasukan, tempat makan yang biasanya menyediakan dine in kali ini harus mengubah strategi menjadi layanan home delivery. Selain itu, bagi pelaku usaha yang belum melakukan kerjasama dengan platform order online, ini saatnya untuk kalian bekerja sama dan menggunakan platform order online seperti gofood dan grabfood, karena sedikit banyaknya mereka akan membantu penjualan produk kalian.

  2. 2 Ready to cook / Frozen food


    Salah satu strategi baru bagi industri kuliner karena adanya pandemi yaitu menjual makanan siap saji atau frozen food. Karena keadaan membuat orang-orang harus diam di rumah, kemungkinan mereka menyimpan stok makanan sangatlah besar. Biasanya mereka akan menyimpan makanan yang mudah disajikan dan tahan jika disimpan dalam waktu yang lama. Maka dari itu, hal tersebut bisa dijadikan peluang para pelaku usaha kuliner untuk membuat produk siap saji dan frozen food dengan berbagai macam kreasi olahan masakan.

  3. 3 Menyiapkan sistem bundling


    Kalian juga bisa menerapkan sistem bundling dalam penjualan produk. Tawarkan paket-paket yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk kalian. Kalian bisa menawarkan paket dengan konsep “one stop solution” contohnya, setiap pembelian family package maka free dessert dan bebas biaya pengantaran.

    Keadaan pandemi tidak sepenuhnya membawa hal negatif bagi para pelaku usaha. Karena ternyata ada sisi positif yang bisa kita dapatkan. Karena terpaksa untuk bertahan di keadaan pandemi, otomatis kita menjadi berpikir kritis akan kelangsungan bisnis yang dijalankan dan akhirnya muncul ide dan strategi baru yang sebelumnya tidak terpikirkan.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend