Ditanya Soal Gaji, Persiapkan Hal Ini Sebelum Sesi Offering

Hindari salah jawab saat sesi offering gaji


Untuk calon karyawan berhasil sampai tahap sesi offering merupakan suatu pencapaian yang baik. Terkadang di sesi ini ada pertanyaan-pertanyaan yang cukup krusial yang harus dijawab oleh calon karyawan seperti persoalan gaji. Oleh karena itu, ada baiknya untuk kita mempersiapkan diri sebelum melakukan sesi offering agar jawaban kita tepat dan diterima perusahaan. Berikut hal yang bisa kalian persiapkan agar lebih siap saat memasuki sesi offering

  1. 1 Harus paham pekerjaan kita


    Memahami dengan detail pekerjaan yang akan kita lakukan di posisi tertentu adalah sebuah kewajiban. Fungsinya agar kalian mengetahui batasan-batasan yang harus kalian lakukan, sehingga kalian bisa memperkirakan apakah sesuai atau tidak dengan gaji yang ditawarkan perusahaan.

  2. 2 Riset gaji di industri yang sama

    Sebaiknya kalian melakukan riset mengenai gaji di perusahaan yang berada dalam industri yang sama namun tetap dengan posisi dan skala perusahaan yang sama. Jangan sampai membandingkan dengan level perusahaan yang berbeda atau industri yang berbeda. Hal tersebut menjadi bekal kalian dalam proses negosiasi gaji.

  3. 3 Paham kelebihan yang kita miliki


    Jika kita merasa bahwa gaji yang ditawarkan belum sesuai dengan yang diharapkan (dengan catatan sudah melakukan riset sebelumnya), coba untuk melakukan negosiasi dengan baik dan sopan. Kalian bisa menawarkan kelebihan yang kalian miliki untuk perusahaan tersebut. Harapannya perusahaan bisa mempertimbangkan untuk memberikan penawaran sesuai ekspektasi kalian atau digantikan dengan benefit lain yang bermanfaat.

  4. 4 Jangan terlalu pasrah

    Sebisa mungkin lakukan proses negosiasi yang baik, jangan sampai kita terlihat sebagai individu yang “pasrah” dengan semua keputusan. Hal itu juga membuat pribadi kita terlihat pasif.

  5. 5 Latihan negosiasi


    Proses negosiasi bisa dibilang ”gampang-gampang susah” karena terlihat sederhana tetapi menentukan masa depan. Sebaiknya lakukan latihan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang memungkinkan ditanyakan oleh perusahaan. Siapkan argumen terbaik untuk setiap pertanyaan atau pernyataan yang diajukan. 

    Terkadang terlalu percaya diri di saat sesi offering bisa membuat kita salah mengambil keputusan. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu melakukan persiapan di setiap tahapan proses seleksi karyawan. Good Luck!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend