Contoh dan Tips Email Melamar Pekerjaan (Application Job)

Melamar pekerjaan menggunakan email adalah salah satu cara paling umum untuk melamar pekerjaan adalah mengirimkan surat lamaran melalui email.


4
Share via
7 shares, 4 points

Ada banyak cara untuk melamar pekerjaan. Bisa melalui job portal atau sistem online dari website perusahaan. Tetapi ada juga beberapa perusahaan yang biasanya kamu harus melamar secara langsung dengan melamar melalui email.

Melamar pekerjaan menggunakan email adalah salah satu cara paling umum untuk melamar pekerjaan adalah mengirimkan surat lamaran melalui email. Ini khususnya terjadi pada pengusaha kecil yang tidak memiliki sistem aplikasi otomatis.

Cara Melamar Kerja Melalui Email

Bagaimana caraterbaik menggunakan email untuk melamar pekerjaan? Kamu bisa mengikuti instruksi dari postingan pekerjaan, beberapa perusahaan meminta mengirimkan resume atau CV saja tetapi ada yang meminta surat lamaran dan portofolio.

Ketika kamu mengirim CV, penting untuk menyertakan surat lamaran yang ringkas (yang bisa menjadi body email juga) ketika kamu melamar. Itu akan membantu CV kamu diperhatikan oleh manajer perekrutan.

Apa yang Harus Dimasukkan dalam Email Melamar Pekerjaan

Isi body email saat kamu melamar adalah surat lamaranmu. Ini memberi tanda bahwa maksud dari email yang kamu kirim adalah untuk memberi tahu penerima:

  • Kenapa kamu menulisnya
  • Pekerjaan apa yang kamu lamar
  • Apa kualifikasi yang kamu miliki untuk pekerjaan itu
  • Apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan
  • Bagaimana kamu akan menindaklanjuti atau bagaimana penerima dapat menghubungimu


Tips untuk Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Email tidak harus panjang. Berikut adalah beberapa tips untuk cara menyusun email lamaran pekerjaan:

Baris subjek: Karena recruitrer menerima banyak email, buat mereka mudah untuk menyaring email aplikasi. Sertakan nama dan posisi yang kamu lamar di baris subjek pesan. Sebagai contoh: "Jasmine Alifah - Project Manager" atau "Project Manager Job Application - Jasmine Alifah" 

Tetapi kamu bisa mengikuti intruksi dari lamaran pekerjaannya biasanya beberapa recuiter memintamu untuk menulis Nama dan Posisi yang dilamar di subyek.

Paragraf pertama: Pada paragraf pertama email, penting untuk menjelaskan mengapa kamu melamar. Sebutkan di mana kamu melihat lowongan pekerjaan tersebut, tanggal ketika itu diposting, dan bagaimana kamu menemukan posting tersebut (mis. diposting di situs web perusahaan, diposting di papan pencarian kerja, dll.)

Paragraf tengah: Bagian surat ini adalah di mana kamu bisa membuat kalimat mengenai lamaranmu seperti Mengapa kamu cocok untuk pekerjaan itu? Apa yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan? Posisi pekerjaan dan tanggung jawab apa yang paling relevan serta pencapaianmu. Pastikan untuk tidak menyalin CV secara langsung, atau hanya sekedar copas.

Paragraf akhir: Gunakan paragraf akhir untuk mengucapkan terima kasih kepada penerima karena membaca emailmu, dan menyebutkan bahwa resumemu terlampir. Ini juga ruang untuk mengucapkan terima kasih kepada penerima karena mempertimbangkan aplikasimu; nyatakan kapan dan bagaimana kamu akan menindaklanjuti juga.

Penutup: Gunakan penutupan sopan, seperti "Best Regards" atau "Hormat Saya," untuk menandatangani surat, lalu ketikkan nama lengkapmu.

Lampirkan CV mu: Jangan lupakan CVmu. Lampirkan ke pesan email dalam format yang diminta oleh perekrut. Jika format tertentu tidak diperlukan, kirim sebagai PDF atau dokumen Word.

Berikut contoh kalimat surat lamaran yang bisa kamu tulis di body email, biasanya saya cenderung menggunakan bahasa inggris agar terlihat lebih profesional. Ini contohnya:

Contoh Email Melamar Pekerjaan (dalam bahasa inggris):

Subject: Aplication for Event Specialist - Jasmine Alifah

Jakarta, 23th January, 2020

Dear HRD of (nama perusahaan),
I am writing to express my interest in applying as a Event Specialist, (nama perusahaan) that was advertised on (dimana kamu melihat loker). I have completed my undergraduate study of Business Management at ITB in 2018. I have enclosed my curriculum vitae which shows considerable experience I possess for the position.

I have two year experience as a Project Manager at Serasa Event Organizer. In addition, I have a internship experience at Tulip Wedding Organizer where’s I help to organize the wedding flow of clients. With experience and skills that I have, I believe I can bring benefit to your company.

I thank you for your attention and consideration. I am looking forward to the interview, where I can explain all of my potential.

Best Regards,
Jasmine Alifah

Noted:
Dalam paragraf kedua kamu bisa ceritakan pengalaman yang sudah kamu miliki bisa di organisasi maupunmagang, tidak melulu harus pengalaman pekerjaan full time. Kamu bisa meyakinkan perusahaan dengan pengalaman yang kamu miliki dan skill yang kamu miliki agar bisa membuat perusahaan semakin lebih baik dengan merekrut dirimu. Semoga bermanfaat jika ada yang ingin ditanyakan bisa tulis dikolom komen ya!


Like it? Share with your friends!

4
Share via
7 shares, 4 points

What's Your Reaction?

LOL LOL
1
LOL
Sedih Sedih
3
Sedih
Marah Marah
1
Marah
Senang Senang
19
Senang
Takut Takut
4
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
7
Terinspirasi

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Terima kasih admin contoh surat lamaran kerjanya sangat bagus, saya cuma mau sedikit memberikan tips buat teman-teman lainnya mungkin bermanfaat.

    Selama musim pandemi covid-19 hampir semua perusahaan meminta surat lamaran via email, sehigga kita harus memperhatikan bentuk surat lamaran email yang baik dan benar. tetapi kebanyakan freshgrad belum begitu memperhatikan bagaimana penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar sehingga bisa menarik perhatian hrd. Padahal ini sangat penting karena kesan pertama bagi hrd sebelum mereka membuka berkas lainnya. Bayangkan apabila ribuan surat lamaran bertumpuk di meja hrd dan bisa dipastikan mereka tidak akan membaca satu persatu surat lamaran tersebut. Sudah pasti lamaran yang terlalu bertele tele isiya akan dilewatkan begitu saja bahkan tidak sedikit dicampakkan kedalam tong sampah.

    Tips dari saya buatlah surat lamaran sesingkat mungkin tetapi isiya padat dan jelas, usahakan pada saat hrd membacanya hanya butuh waktu kurang dari 30 detik mereka sudah mendapatkan/mengetahui siapa calon pelamar yang layak di panggil utk mengikuti tahapan tes berikunya.

    adapun isi surat lamaran yang baik bagi hrd adalah sebagai berikut:

    Paragraf 1 Gunakan intro yang menarik. Daripada menulis “berdasarkan info dari….” lebih baik kamu mempromosikan diri atau menjelaskan mengapa kamu melamar disini
    Contoh 1; “Sebagai salah satu fast growing start-up di Indonesia, saya tertarik untuk berkontribusi dengan melamar di posisi….”
    Contoh 2; “Berbekal 5 tahun pengalaman sebagai xx di perusahaan xx yang bergerak di bidang xx, saya tertarik untuk melamar dan percaya bahwa posisi ini cocok untuk saya”

    Paragraf 2&3 Ceritakan pengalaman dan promosikan diri. Utk freshgrad tulis apa yag dipelajari di kampus atau skills yang berkaitan dengan pekerjaan, atau pengalaman magang. Kamu bisa cocokkan dengan job desc yang tertulis di iklan lowongan. Untuk yang experieced, jelaskan lebih detail pengalaman kerja, pencapaian, dan skills yang telah disebutkan di paragraf awal.

    Paragraf 4 Gunakan penutup yang persuasif, daripada menulis “besar harapan saya…” kamu bisa ganti dengan kalimat “saya akan dengan senang hati membahas ini lebih lanjut…”

    Salam kenal dari saya buat semuanya.

    Lowongan kerja Aceh

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend