Contoh dan Tips Email Melamar Pekerjaan (Application Job)

Melamar pekerjaan menggunakan email adalah salah satu cara paling umum untuk melamar pekerjaan adalah mengirimkan surat lamaran melalui email.


2
Share via
4 shares, 2 points

Ada banyak cara untuk melamar pekerjaan. Bisa melalui job portal atau sistem online dari website perusahaan. Tetapi ada juga beberapa perusahaan yang biasanya kamu harus melamar secara langsung dengan melamar melalui email.

Melamar pekerjaan menggunakan email adalah salah satu cara paling umum untuk melamar pekerjaan adalah mengirimkan surat lamaran melalui email. Ini khususnya terjadi pada pengusaha kecil yang tidak memiliki sistem aplikasi otomatis.

Cara Melamar Kerja Melalui Email

Bagaimana cara terbaik menggunakan email untuk melamar pekerjaan? Kamu bisa mengikuti instruksi dari postingan pekerjaan, beberapa perusahaan meminta mengirimkan resume atau CV saja tetapi ada yang meminta surat lamaran dan portofolio.

Ketika kamu mengirim CV, penting untuk menyertakan surat lamaran yang ringkas (yang bisa menjadi body email juga) ketika kamu melamar. Itu akan membantu CV kamu diperhatikan oleh manajer perekrutan.

Apa yang Harus Dimasukkan dalam Email Melamar Pekerjaan

Isi body email saat kamu melamar adalah surat lamaranmu. Ini memberi tanda bahwa maksud dari email yang kamu kirim adalah untuk memberi tahu penerima:

  • Kenapa kamu menulisnya
  • Pekerjaan apa yang kamu lamar
  • Apa kualifikasi yang kamu miliki untuk pekerjaan itu
  • Apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan
  • Bagaimana kamu akan menindaklanjuti atau bagaimana penerima dapat menghubungimu


Tips untuk Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Email tidak harus panjang. Berikut adalah beberapa tips untuk cara menyusun email lamaran pekerjaan:

Baris subjek: Karena recruitrer menerima banyak email, buat mereka mudah untuk menyaring email aplikasi. Sertakan nama dan posisi yang kamu lamar di baris subjek pesan. Sebagai contoh: "Jasmine Alifah - Project Manager" atau "Project Manager Job Application - Jasmine Alifah" 

Tetapi kamu bisa mengikuti intruksi dari lamaran pekerjaannya biasanya beberapa recuiter memintamu untuk menulis Nama dan Posisi yang dilamar di subyek.

Paragraf pertama: Pada paragraf pertama email, penting untuk menjelaskan mengapa kamu melamar. Sebutkan di mana kamu melihat lowongan pekerjaan tersebut, tanggal ketika itu diposting, dan bagaimana kamu menemukan posting tersebut (mis. diposting di situs web perusahaan, diposting di papan pencarian kerja, dll.)

Paragraf tengah: Bagian surat ini adalah di mana kamu bisa membuat kalimat mengenai lamaranmu seperti Mengapa kamu cocok untuk pekerjaan itu? Apa yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan? Posisi pekerjaan dan tanggung jawab apa yang paling relevan serta pencapaianmu. Pastikan untuk tidak menyalin CV secara langsung, atau hanya sekedar copas.

Paragraf akhir: Gunakan paragraf akhir untuk mengucapkan terima kasih kepada penerima karena membaca emailmu, dan menyebutkan bahwa resumemu terlampir. Ini juga ruang untuk mengucapkan terima kasih kepada penerima karena mempertimbangkan aplikasimu; nyatakan kapan dan bagaimana kamu akan menindaklanjuti juga.

Penutup: Gunakan penutupan sopan, seperti "Best Regards" atau "Hormat Saya," untuk menandatangani surat, lalu ketikkan nama lengkapmu.

Lampirkan CV mu: Jangan lupakan CVmu. Lampirkan ke pesan email dalam format yang diminta oleh perekrut. Jika format tertentu tidak diperlukan, kirim sebagai PDF atau dokumen Word.

Berikut contoh kalimat surat lamaran yang bisa kamu tulis di body email, biasanya saya cenderung menggunakan bahasa inggris agar terlihat lebih profesional. Ini contohnya:

Contoh Email Melamar Pekerjaan (dalam bahasa inggris):

Subject: Aplication for Event Specialist - Jasmine Alifah

Jakarta, 23th January, 2020

Dear HRD of (nama perusahaan),
I am writing to express my interest in applying as a Event Specialist, (nama perusahaan) that was advertised on (dimana kamu melihat loker). I have completed my undergraduate study of Business Management at ITB in 2018. I have enclosed my curriculum vitae which shows considerable experience I possess for the position.

I have two year experience as a Project Manager at Serasa Event Organizer. In addition, I have a internship experience at Tulip Wedding Organizer where’s I help to organize the wedding flow of clients. With experience and skills that I have, I believe I can bring benefit to your company.

I thank you for your attention and consideration. I am looking forward to the interview, where I can explain all of my potential.

Best Regards,
Jasmine Alifah

Noted:
Dalam paragraf kedua kamu bisa ceritakan pengalaman yang sudah kamu miliki bisa di organisasi maupunmagang, tidak melulu harus pengalaman pekerjaan full time. Kamu bisa meyakinkan perusahaan dengan pengalaman yang kamu miliki dan skill yang kamu miliki agar bisa membuat perusahaan semakin lebih baik dengan merekrut dirimu. Semoga bermanfaat jika ada yang ingin ditanyakan bisa tulis dikolom komen ya!


Like it? Share with your friends!

2
Share via
4 shares, 2 points

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
4
Senang
Takut Takut
1
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend