Coba Kuis Ini Untuk Mengetahui Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu


236
Share via
256 shares, 236 points

Sebentar lagi kamu harus mendaftar kuliah dan memilih jurusan yang kamu minati, tetapi sampai saat ini kamu masih bingung jurusan mana sih yang cocok sama kamu. Coba jawab pertanyaan dibawah ini:

  1. 1 Dibawah ini mata pelajaran mana yang cenderung lo sukai?

    1. giphy-7.gif
      Olah Raga
    2. giphy-1.gif
      Fisika
    3. giphy-4.gif
      Sosiologi
    4. giphy-3.gif
      Matematika
    5. giphy-12.gif
      Bahasa Inggris
    6. giphy-5.gif
      Kesenian
  2. 2 Banyak banget pikiran, tapi lebih baik..

    1. giphy-8.gif
      Diam dan disimpan sendiri
    2. giphy-9.gif
      Merenung dan pasrah
    3. giphy-10.gif
      Cerita ke temen.
    4. giphy-11.gif
      Cari faktanya lalu selesaikan
    5. giphy-12-1.gif
      Mencari jalan keluar bersama - sama
    6. giphy-15.gif
      Diungkapkan di sebuah tulisan atau karya
  3. 3 Aturan masuk sekolah ga boleh lebih dari jam 7, tapi menurut gue..

    1. giphy-16.gif
      Aturan itu harus di taati, ga boleh dilanggar.
    2. giphy-17.gif
      Aturan di taati, tapi sekali - sekali boleh lah gak taat aturan.
    3. giphy-20.gif
      Santai sajalah, selagi masih wajar ga perlu taat banget.
    4. giphy-21.gif
      Aturan itu perlu.
    5. giphy-19.gif
      Melanggar aturan tidak papa.
    6. giphy-22.gif
      Perlu taat, tetapi jika ada aturan yang tidak masuk akal akan protes
  4. 4 Ada PR nih di sekolah, gue harus ngerjain..

    1. giphy-23.gif
      Sendiri saja, biar fokus dan cepat selesai.
    2. giphy-2-1.gif
      Dikerja menurut pendapat sendiri karena kadang tidak sepemikiran dengan teman.
    3. giphy-24.gif
      Rame - rame bareng temen
    4. giphy-25.gif
      Tunggu kabar dari temen siapa tau ada referensi tugas
    5. giphy-27.gif
      Cari sumber di internet, diskusikan dengan teman.
    6. giphy-28.gif
      Dikerjakan sebaik mungkin
  5. 5 Kalo di ajak pergi sama temen, lo bakal

    1. giphy-29.gif
      Yuk keluar. Gue bosen dirumah.
    2. giphy-30.gif
      Males ah, mager.
    3. giphy-31.gif
      Yuk asal rame - rame!
    4. giphy-32.gif
      Kemana dulu nih, kalo tempatnya asik gue mau.
    5. giphy-33.gif
      Gue pengen ke caffe yang instagramable
    6. giphy-34.gif
      Ke tempat yang ada live music nya yuk!
  6. 6 Kalo ada tugas pidato di depan kelas, gue..

    1. giphy-42.gif
      Panik. Ga berani.
    2. giphy-43.gif
      Gak suka. Malu.
    3. giphy-45.gif
      Wah menantang nih. Bisa melatih kecakapan berbicara didepan umum.
    4. giphy-46.gif
      Gue banget nih. Gue harus tampil.
    5. giphy-47.gif
      Seneng nih gue, mau bikin pidato yang bermanfaat ah.
    6. giphy-48.gif
      Gue harus pake baju yang bagus nih pas tampil.
  7. 7 Apa yang lo lakukan kalo temen lo bilang, ada seseorang yang suka sama lo?

    1. giphy-49.gif
      Ah gak jelas itu orang siapa. Kalo beneran suka, datengin gue.
    2. giphy-51.gif
      Cari tau dulu bener apa gak, jangan - jangan boong doang.
    3. giphy-52.gif
      Yaudah ajak aja dulu dia nongkrong bareng kita.
    4. giphy-53.gif
      Ah masa suka sama gue, bukannya dia banyak yang suka ya?
    5. giphy-56.gif
      Ntar gue kepoin dulu sosmednya.
    6. giphy-18.gif
      Oh ada yang suka. Yaudah.
  8. 8 Aktivitas mana yang paling lo suka?

    1. giphy-57.gif
      Tampil didepan umum
    2. giphy-58.gif
      Memimpin suatu kegiatan
    3. giphy-62.gif
      Menggambar
    4. giphy-59.gif
      Menulis dan membuat jurnal
    5. giphy-70.gif
      Memecahkan masalah
    6. giphy-63.gif
      Beraktivitas diluar ruangan
  9. 9 Pilih profesi yang lo sukai

    1. giphy-64.gif
      Perawat
    2. giphy-66.gif
      Pegawai Bank
    3. giphy-65.gif
      Fashion Designer
    4. giphy-67.gif
      Dosen
    5. giphy-68.gif
      Arsitek
    6. giphy-69.gif
      Pengusaha
  10. 10 Pilih salah satu gambar yang lo sukai

    1. giphy-35.gif
      A
    2. giphy-36.gif
      B
    3. giphy-38.gif
      C
    4. giphy-39.gif
      D
    5. giphy-40.gif
      E
    6. giphy-41.gif
      F

Coba Kuis Ini Untuk Mengetahui Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Kamu

Created on
  1. Quiz result

    Tipe Realistik

    Orang yang mempunyai tipe kepribadian realistis dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas-tugas yang konkrit, fisik, eksplisit yang memberikan tantangan bagi penghuni lingkungan ini. Untuk dapat memecahkan masalah yang lebih efektif, orang-orang yang mempunyai tipe kepribadian realistis seringkali memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, gerakan, dan ketahanan tertentu.

    Kemampuan penunjang pada tipe kepribadian realistik seperti menyukai praktek daripada teori, computer (software dan hardware), pemograman, matematika. Adapun jurusan kuliah yang sesuai pada tipe ini adalah teknik mesin, teknik sipil, teknik elektro, pertanian, perikanan, automotif, farmasi.

    Share Your Result
  2. Quiz result

    Tipe Intelektual/Investigative

    Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk memilih pekerjaan yang bersifat akademik. Ciri-cirinya adalah memiliki kecenderungan untuk merenungkan daripada mengatasinya dalam memecahkan suatu masalah, berorientasi pada tugas, tidak sosial. Membutuhkan pemahaman, menyenangi tugas-tugas yang bersifat kabur, memiliki nilai-nilai dan sikap yang tidak konvensional dan kegiatan-kegiatanya bersifat intraseptif.

    Orang yang mempunyai tipe kepribadian intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstark, dan kreatif. Bukan tergantung kepada pengamatan pribadinya. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan intelejensi, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik. Kriteria keberhasilan dalam melaksanakan tugas bersifat objektif dan bisa diukur, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama dan secara bertahap. 

    Bahan dan alat serta perlengkapan memerlukan kecakapan intelektual daripada kecakapan manual. Kecakapan menulis mutlak dipelihara dalam oreientasi ini. Jurusan kuliah yang sesuai dengan tipe investigative adalah Kimia, Fisika, Gizi, Biologi, Desain Periklanan, Perangkat Lunak, Krimonologi, Matematika Dan Ilmu Pasti Atau Eksakta.

    Share Your Result
  3. Quiz result

    Tipe Sosial

    Tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain. Ciri-cirinya adalah pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius membutuhkan perhatian, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, kegiatan-kegiatan rapid dan teratur, menjauhkan bentuk pemecahan masalah secara intelektual, lebih berorientasi pada perasaan. Orang yang mempunyai tipe kepribadian sosial memiliki ciri-ciri kebutuhan akan kemampuan untuk menginterpretasi dan mengubah perilaku manusia, serta minat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Secara umum orientasi kerja dapat menimbulkan rasa harga diri dan status.

    Jurusan kuliah yang sesuai tipe sosial : Psikologi, Bimbingan Konseling, Komunikasi, Sosiologi, Sekretaris, Guru PAUD dan SD.

    Share Your Result
  4. Quiz result

    Tipe konvensional

    Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini pada umumnya memiliki kecenderungan untuk terhadap kegiatan verbal, ia menyenangi bahasa yang tersusun baik, numerical (angka) yang teratur, menghindari situasi yang kabur, senang mengabdi, mengidentifikasikan diri dengan kekuasaaan, memberi nilai yang tinggi terhadap status dan kenyataan materi, mencapai tujuan dengan mengadaptasikan dirinya ketergantungan pada atasan. Tipe kepribadian konvensional pada lingkungan nyatanya ditandai dengan berbagai macam tugas dan pemecahan masalah memerlukan suatu proses informasi verbal dan matematis secara kontinu, rutin, konkrit, dan sistematis. Berhasilnya dalam pemecahan masalah akan nampak dengan jelas dan memerlukan waktu yang relative singkat.


    Contoh jurusan yang sesuai dengan tipe ini adalah Akuntansi, Statistik Ekonomi, Administasi Progammer.
    Share Your Result
  5. Quiz result

    Tipe Usaha/Enterprising

    Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini memiliki ciri khas diantaranya menggunakan ketrampilan-ketrampilan berbicara dalam situasi dimana ada kesempatan untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, mudah beradaptasi, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan. Orang yang mempunyai tipe kepribadian usaha/enterprising ditandai dengan berbagai macam tugas yang menitikberatkan kepada kemampuan verbal yang digunakan untuk mengarahkan dan mempengaruhi orang lain.

    Contoh pekerjaan orang dengan tipe kepribadian ini adalah, pedagang, politikus, manajer pimpinan eksekutif perusahaan, perwakilan dagang, dan pekerjaan lain yang sejenis. Adapun jurusan yang sesuai ialah Manajemen, Bisnis, Komunikasi, Hubungan Internasional, Marketing Komunikasi.

    Share Your Result
  6. Quiz result

    Tipe Artistik

    Orang yang mempunyai tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan berhubungan dengan orang lain secara tidak langsung, bersifat sosial dan sukar menyesuaikan diri. Orang yang mempunyai tipe kepribadian artistik ini ditandai dengan berbagai macam tugas dan masalah yang memerlukan interpretasi atau kreasi bentuk-bentuk artistik melalui cita rasa, perasaan dan imajinasi. Dengan kata lain, orang yang mempunyai tipe kepribadian artistik lebih menitikberatkan menghadapi keadaan sekitar dilakukan dengan melalui ekspresi diri dan menghindari keadaan yang bersifat intrapersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut ketrampilan fisik.


    Contoh pekerjaan orang dengan tipe kepribadian ini adalah, ahli musik, ahli kartum ahli drama, pencipta lagu, penyair, dan pekerjaan lain yang sejenis
    Share Your Result

Like it? Share with your friends!

236
Share via
256 shares, 236 points

What's Your Reaction?

LOL LOL
1024
LOL
Sedih Sedih
746
Sedih
Marah Marah
266
Marah
Senang Senang
1069
Senang
Takut Takut
457
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
2602
Terinspirasi

206 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Assalamualaikum, mba apakah saya bisa masuk jurusan fashion desaign karena saya termasuk orang dengan tipe artistik ? Makasihhh mbaa

    1. jurusan apa saja baik kok, kalo sekarang IPS lanjutkan dan gali terus minat kamu, jurusan ipa ips itu untuk lebih pendalaman ilmu pelajaran saat ini kok

    1. hallo, bisa coba kenalin minat kamu bidang apa dan kekuatan kamu, misalnya kalo kamu tipe nya teliti, suka keteraturan, dan suka melakukan analisa dokumen, bidang hukum, administrasi mungkin cocok. Atau kalo kamu minat bidang kreatif dan tipe kamu banyak ide, suka visual, suka utak atik gambar, nah bidang komunikasi, artistik lebih cocok. semoga membantu ya

    1. hallo, bisa coba kenalin minat kamu bidang apa dan kekuatan kamu, misalnya kalo kamu tipe nya teliti, suka keteraturan, dan suka melakukan analisa dokumen, bidang hukum, administrasi mungkin cocok. Atau kalo kamu minat bidang kreatif dan tipe kamu banyak ide, suka visual, suka utak atik gambar, nah bidang komunikasi, artistik lebih cocok. semoga membantu ya

    1. Hallo jangan bingung, coba deh
      hallo, bisa coba kenalin minat kamu bidang apa dan kekuatan kamu, misalnya kalo kamu tipe nya teliti, suka keteraturan, dan suka melakukan analisa dokumen, bidang hukum, administrasi mungkin cocok. Atau kalo kamu minat bidang kreatif dan tipe kamu banyak ide, suka visual, suka utak atik gambar, nah bidang komunikasi, artistik lebih cocok. semoga membantu ya

  2. Aku masuk tipe intelektual pas lagi jurusannya jurusan desain pengiklan aku suka buat gambar atau gak jadi guru agama islam

    1. hallo, bisa coba kenalin minat kamu bidang apa dan kekuatan kamu, misalnya kalo kamu tipe nya teliti, suka keteraturan, dan suka melakukan analisa dokumen, bidang hukum, administrasi mungkin cocok. Atau kalo kamu minat bidang kreatif dan tipe kamu banyak ide, suka visual, suka utak atik gambar, nah bidang komunikasi, artistik lebih cocok. semoga membantu ya

  3. Kira” saya apa ya kak? Cita cita saya pengen jadi jaksa, pemhacara, atau hakim
    Dan saya ingin di fakultas hukum ,gmn kak? Cocok ga?

  4. Sebenarnya agak sulit ya sama pilihan jurusan yang diberikan, karena semua cenderung ke jurusan untuk anak IPA sedangkan saya sendiri jurusan IPS.

  5. Ternyata dari kebiasaan gua, ada juga ya kecocokannya dengan keinginan gua yang pengen menguasai ilmu perangkat lunak. Bagaimana cara meyakinkan kemampuan gua agar tidak sia-sia nantinya Ka Admin? :,)

  6. Bingung banget milih jurusan pas udh klop sama jurusan yg aku pilih ada aja omongan dan pendapat orang yg bikin tujuan aku goyah. Kata temen temen aku pinter ngomong cocok bngt ngambil jurusan hi atau hukum trs aku maunya ny psikologi tpi ortu & keluarga besar ngedukung aku jdi dokter. Bingung banget kaaa

  7. Kak jurusan apa yang cocok untuk saya? Saya suka sekali desain tapi lemah dalam matematika saya juga anak ips tidak paham fisika juga

  8. Gue ikut quiz ini berharap dapet yang sesuai sama perasaan gue, emak gue nyuruh masuk jurusan pajak yang notabene banyak angka padshal gue gak mahir dalam angka. Pas udah ikut quiz malah dapet rekomen ke akuntansi! Bingung harus wow atau huuu

  9. Assalamualaikum…
    Apakah saya mampu menjalaninya? Saya tidak yakin akan hal ini klw jurusan itu bisa saya jalani…
    Apakah saya bisa?

  10. Passion menjadi bagian penting dalam kehidupan seseorang, terutama dalam mencapai keberhasilan. Tapi tidak semua orang dapat menemukan passion diri dengan cepat. Bahkan banyak yang masih terombang-ambing mengenal passion diri mereka. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan seminar nasional Airlangga Management Marketing Expo (AIMMEX) yang mengundang pembicara passion enthusiast, Berdit Zanzabela. yuk simak langsung aja di link berikut ya, terimakasih : http://news.unair.ac.id/2019/09/04/mengenal-lebih-jauh-passion-diri/

  11. saya cocok di psikologi dan komunikasi tetapi udh lulus di jurusan hubungan internasional ka 😉

  12. jadi gini… aku nyaman sama kimia dan aku smk kimia tapi aku kadang risih gitu sama kimia… tapi aku suka jadi gmna ya apa aku salah jurusann?

  13. Ka saya diterima di jurusan hukum tapi lagi daftar
    manajemen di undip doakan keterima ya kak. Maba undip 2020 aamiin

  14. Lah ko hasilnya sesuai ya sma jurusan kuliah gua yg sekarang, pemrograman. Iya si lebih suka praktek daripada teori. Tapi kenapa gua malah ngerasa salah ya ngambil jurusan ini 🙁

  15. Gua udh kuliah dan liat ini di tiktok, trus coba2 kepo, eh pas keluar hasilnya ternyata sama dgn jurusan yg gua ambil

    1. Thank you.. Kalau begini aku gak bingung mau pilih jurusan kuliah mana?!
      Makasih bgt loh.. The best lah

  16. gue udh kuliah semester 8 dan baru ikutan test ini ya Alhamdulillah jurusannya sesuai dan bentar lagi gue sidang akhir

  17. Hmm.. Kurang ‘Ya’ gitu sama hasil akhirnya, dapetnya realistis dan masuk k matematika gitu, tp kok jurusannya gaada ke arsitek/seni gitu T_T. Tp gpp deh yg oentibg udah coba dulu????????. Makasih kak~

  18. saya ngisinya sesuai banget sama diri saya, dan hasilnya saya tipe realistik. Tapi saya ragu banget saya bisa atau tidak mengambil jurusan tersebut. Saya juga tidak tau apa yang saya suka, mohon sarannya dong kak saya harus gimana biar bisa memahami jurusan apa yang saya suka dan cocok

  19. Masih agak bingung sih, soalnya dari awal emang salah aku nggak pernah mikirin masalah jurusan kaya gini

  20. Hm sbnrnya ngjauh bgt dr jurusan yg trnyata cocok sm gue itu..mnrut aku si kurg masuk logika karna yg bisa dipilih hanya 1 pilihan tiap pertanyaan jadi kurang pas aja hehe

  21. Kak aku tuh suka pegang Photoshop atau software lain, tapi aku gk suka gambar, itu gimana ya? Aku tipe orang yang cepat belajar dan suka frustasi kalau pekerjaan gk sesuai ekspektasi. Stress banget mikir jurusan kuliah takut salah masuk

  22. Inih beneran gak yahh? Wkwk tpi mksih buat ksih saran nya,, syp tw ajah bener dan bisa jadi lebih baik kedepannya,, thankss:)

  23. Kk apa saya bisa masuk jurusan arsitek sedangkan saya pemalu dan grogi ketika berhadapan dengan orang lain atau tampil depan umum? terima kasih

  24. Semua nya bukan minat saya si. Cuman terimakasih atas tesnya yang membantu menginspirasi saya. Saya bakal coba salah satu dari itu walau bukan minat saya.

  25. Puji Tuhan!! Ternyata jurusan yang pengen aku pilih ternyata cocok sama aku, tapi aku milihnya teknik elektromedik sih.

  26. Assalamualaikum mba
    Syaa itu punya niat banget masuk jurusan psikologi tapi katanya kebanyakan jurusan IPA yang bisa masuk, jadi ada rasa takut buat nyoba karna syaa disini jurusan IPS terlebih syaa kurang yakin apa itu cocok,tapi disini pas tes bisa masuk tipenya kira-kira menurut mba gimana?

  27. Assalamu’alaikum, kak saya suka bahasa Inggris, biologi, dan melukis menurut kakak jurusan yang cocok untuk saya ketika kuliah apa ya kak😁

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend