Cari Peluang Beasiswa? Siapkan 5 Hal Ini

Siapkan hal penting ini agar kamu bisa mendapatkan peluang beasiswa


Pada umumnya setiap siswa yang akan memasuki perkuliahan tentu ingin meraih peluang beasiswa. Selain meringankan biaya pengeluaran pendidikan, mendapatkan beasiswa juga akan menjadi catatan bahwa kalian termasuk siswa berprestasi lho YooReaders. Kira-kira apa saja yang harus kita siapkan agar bisa mendapatkan peluang beasiswa?

  1. 1 Nilai yang baik

    Umumnya setiap kampus akan memilih calon mahasiswanya dengan melihat nilai dari rapor calon mahasiswa tersebut (untuk Beasiswa S1) atau nilai IPK (untuk beasiswa S2). Jika kalian bercita-cita untuk mendapatkan beasiswa baik S1 ataupun S2 maka usahakan memiliki nilai yang stabil dan cenderung meningkat, jangan sampai nilai tersebut mengalami penurunan setiap tahunnya.

  2. 2 Sertifikat prestasi yang mendukung

    Jika kalian memiliki prestasi di bidang tertentu dan sekiranya relevan dengan jurusan yang akan kalian pilih sebaiknya lampirkan sebagai bukti bahwa kalian memang berkompeten dan berpeluang untuk bisa lebih berkembang jika masuk di jurusan tersebut.

  3. 3 TOEFL/IELTS

    Nilai TOEFL atau IELTS biasanya diperlukan saat kalian akan mendaftar beasiswa di luar negeri baik S1 atau pun S2, namun hal itu tidak menutup kemungkinan bisa diminta oleh pihak kampus yang ada di dalam negeri. Oleh karena itu siapkan nilai TOEFL atau IELTS terbaikmu karena skor minimal dari suatu tes biasanya ditentukan oleh universitas yang bersangkutan.

  4. 4 Motivation Letter

    Motivation letter dibuat  dengan tujuan untuk menjelaskan kepada universitas bahwa YooReaders merupakan kandidat yang tepat untuk mendapatkan beasiswa tersebut dengan menuliskan poin-poin penting yang relevan dengan tujuan untuk mendapatkan beasiswa. Dibuat dengan ringkas, padat dan jelas dalam satu halaman.

  5. 5 Surat Rekomendasi

    Biasanya pihak institusi atau pemerintah yang akan memberi beasiswa mensyaratkan para calon penerima beasiswa untuk menyertakan surat rekomendasi. Surat itu berisikan gambaran siapa diri kalian, kemampuan atau kualifikasi apa yang kalian miliki, dan seberapa besar penilaian orang yang memberikan referensi terhadap kemampuan yang kamu miliki dalam bentuk deskripsi. 

    Tidak semua orang bisa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa, jika kalian ingin menjadi salah satu kandidat penerima beasiswa maka bersungguh-sungguhlah dalam menyiapkan segala persyaratan yang sekiranya akan diminta oleh penyedia beasiswa. Good Luck!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend