Mengenal Profesi Digital Marketing Specialist

Apa sih yang dilakukan seorang digital marketing specialist?


Di era digital saat ini semakin banyak perusahaan menggunakan media digital sebagai alat untuk melakukan pemasaran produk mereka. Pasalnya bagi beberapa produk penggunaan iklan secara konvensional sudah tidak seefektif dulu lagi. Oleh karena itu, penting bagi suatu perusahaan memiliki orang yang ahli dalam bidang tersebut yaitu seorang digital marketing specialist.

Digital marketing specialist merupakan seseorang yang bekerja bersama tim pemasaran perusahaan untuk mengidentifikasi target pasar, menciptakan brand image, serta membuat dan memelihara marketing campaign dengan menggunakan internet dan teknologi digital. Seorang marketing specialist bisa memilih keahlian dalam bidang tertentu seperti ahli dalam, search engine optimization (SEO), paid search (PPC), display media, social media and shopping feeds. Selain itu, mereka juga bisa memiliki keahlian digital marketing yang lebih umum.

 

Peran digital marketing specialist yakni, meningkatkan brand awareness, mempromosikan produk atau layanan perusahaan dan untuk mengarahkan prospek ke tujuan bisnis. Tentunya tidak dengan cara tradisional, digital marketing berkomunikasi secara efektif melalui platform teknologi yang tepat. Seorang digital marketing specialist mahir dalam mengevaluasi kebutuhan pasar konsumen, memahami cara dan letak memperoleh pengetahuan tentang tren dan kebutuhan konsumen. Selain itu, mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi yang digunakan dalam memasarkan produk perusahaan secara online. 

Beberapa skills yang diperlukan untuk menjadi seorang digital marketing specialist yaitu:

  1. Mengetahui dasar pemasaran.

  2. Mengetahui bagaimana merencanakan dan memiliki kemampuan untuk mengelola waktu.

  3. Memiliki keterampilan presentasi yang baik dan kreatif.

  4. Memiliki pengetahuan dalam bidang pemasaran (SEO, media sosial, pemasaran konten, pemasaran email, PPC dan SEM).

  5. Mengetahui bagaimana merencanakan, membuat dan menerapkan strategi pemasaran.

  6. Memahami alat ukur utama yang tersedia.

  7. Selalu mengikuti tren pemasaran dan berita.   

Nah YooReaders, itulah gambaran profesi dari seorang digital marketing specialist. Semoga penjelasan diatas bisa menambah informasi yang baik seputar dunia pekerjaan ya. 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend