Kerjasama Lintas Generasi Dalam Satu Perusahaan, Why Not?

Perbedaan usia akan menjadi tantangan dalam hal kerjasama di suatu perusahaan, lalu bagaimana cara mengatasinya?


Pasti kalian pernah merasakan berada dalam satu tim kerja dengan lintas generasi, tentu memiliki tantangan tersendiri. Memilih bekerja di sebuah perusahaan artinya kita harus siap untuk bisa menyesuaikan diri dengan rekan kerja lainnya. Terlebih jika kita bekerja di perusahaan besar yang sudah berdiri sejak lama, pasti akan menemukan rekan kerja dengan lintas generasi. Bekerja dengan lintas generasi pasti akan menemukan perbedaan pemikiran, pandangan, serta kebiasaan karena perbedaan jarak usia yang menjadi faktor pemicunya. Berikut merupakan upaya yang bisa dilakukan untuk menjembatani lintas generasi di suatu perusahaan:

  1. 1 Mengadakan mentoring lintas generasi

    Tidak ada salahnya untuk membuat agenda brainstorming dan mentoring bersama lintas generasi secara rutin. Dalam hal ini kedua generasi bisa saling memberi informasi mengenai keahlian di masing-masing generasi, contohnya karyawan dari generasi X dan Y bisa berbagi pengalaman mereka yang sudah lebih dulu berkarir kepada gen Z, sementara gen Z bisa mengajak Generasi X dan Y untuk memanfaatkan teknologi terkini atau membahas informasi mengenai teknologi terbaru.

  2. 2 Membuat sesi brainstorming

    Sesi brainstorming bisa dimanfaatkan oleh perusahaan saat akan mengambil sebuah keputusan atau merencanakan suatu kegiatan. Melalui brainstorming lintas generasi maka akan muncul berbagai macam ide dan pendapat yang bisa menjadi pilihan sebagai pertimbangan suatu keputusan. Bahkan ide-ide tersebut bisa dikolaborasikan menjadi sebuah keputusan baru yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

  3. 3 Perusahaan harus mampu memahami kebutuhan karyawan

    Memiliki karyawan dari berbagai generasi membuat perusahaan harus bisa memahami dan menyediakan kebutuhan dari masing-masing generasi. Kebutuhan generasi milenial yang identik dengan teknologi dan tingkat fleksibilitas yang tinggi akan berbeda dengan kebutuhan generasi sebelumnya yang kemungkinan besar lebih menyukai segala sesuatu yang cenderung stabil. Upaya yang bisa dilakukan untuk memenuhi keduanya yakni dengan tidak bersikap diskriminatif. 

    Jika tim kerjasama lintas generasi bisa mengikuti hal-hal seperti yang dijelaskan, maka akan meminimalisir terjadinya perselisihan lintas generasi.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend