Ini Alasan Mengapa Saat Bulan Puasa Kamu Tidak Semakin Hemat

Ternyata, di bulan puasa kamu akan semakin boros. Kenapa?


0
Share via
1 share

Sumber Gambar: TopBusiness


Di bulan ramadan, umat muslim di wajibkan untuk berpuasa mulai terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Yang pastinya membuat kita hanya mengonsumsi makan dan minum hanya dua kali seharinya. Dalam pikiranmu pastinya di bulan puasa pengelauranmu akan semakin sedikit karena tidak perlu beli makan pagi, siang, dan malam. Hanya perlu membeli makanan sahur dan buka.

Tapi ternyata, di bulan puasa kamu akan semakin boros. Kenapa? Ini dia alasannya!

  1. 1 Kalap Membeli Makanan Buka Puasa


    Di bulan puasa, banyak sekali orang - orang berjualan makanan khas ramadan seperti kue - kue basah, minuman manis, hingga gorengan. Dimana ketika kamu dalam keadaan perut kosong, semua makanan yang berjualan di pinggir jalan akan tampak menggiurkan dan ingin kamu beli semuanya. Alhasil kamu akan membeli makanan yang banyak padahal tidak akan semuanya kamu makan.

    Ketika kamu sudah berbuka pastinya tidak semua makanan yang kamu beli akan termakan, itu hanyalah hawa nafsumu. Makanan yang telah kamu beli akan mubazir, serta uangmu yang kamu gunakan untuk membeli banyak makanan. Itu kenapa kamu akan lebih boros.


  2. 2 Banyaknya Ajakan Buka Bersama


    Ramadan dijadikan moment reuni untuk sebagian orang, kamu akan mendapatkan undangan buka bersama mulai dari teman - teman SD, SMP, SMA, Kuliahmu. Belum lagi jika kamu memiliki geng khusus yang berbeda pastinya akan mengadakan buka bersama, pastinya untuk sekali buka bersama kamu harus mengeluarkan setidaknya Rp 100.000 untuk bisa bergabung buka bersama. Pastinya jika kamu mengikuti semua undangan buka bersama, kamu akan semakin boros.

  3. 3 Promo dan Diskon Dimana - Mana


    Setiap tahunnya brand - brand dan mall tertentu akan mengadakan sebuah sale besar - besar disaat bulan puasa, biasanya diadakan beberapa hari sebelum lebaran. Ini akan menjadi moment dimana kamu akan mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli hal - hal yang tidak penting karena berlabel "sale". 

    Kamu mementingkan moment sale, daripada memikirkan kebutuhanmu akhirnya kamu akan lebih boros.

  4. 4 Harga Melonjak


    Harga kebutuhan pokok akan semakin melonjak di saat bulan ramadan. Salah satunya adalah kebutuhan masyarakat yang akan mengalami peningkatan, padahal pemasukanmu masih dijumlah yang tidak berbeda dari sebelumnya.

    Selain itu, karena lebaran adalah sebuah moment pulang kampung. Tiket transporasi pun semakin melonjak dikala bulan puasa hingga setelah lebaran. Daripada kamu menggunakan uangmu untuk berbelanja dan buka bersama, baiknya kamu tabung untuk membeli tiket pesawat pulang kampung.



Like it? Share with your friends!

0
Share via
1 share

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend