Bingung Milih Influencer untuk Promosi? Ini Dia Tipsnya!

Memilih influencer untuk mempromosikan produk kita tak hanya sekedar melihat jumlah followers saja, tapi ada banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan promosi.


Influencer merupakan orang yang memiliki followers atau audience yang cukup banyak di social media. Sehingga mereka dianggap memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka. Yang disebut dengan influencer ini contohnya seperti artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya, yang dipilih berdasarkan popularitas, keahlian, atau reputasinya.

Pemilik brand biasanya tak ragu untuk mengeluarkan budget besar untuk melakukan promosi dengan jasa influencer. Karena mereka berharap produk yang dijual akan semakin dikenal dan laris manis. Tapi jangan lupa, pemilihan influencer gak bisa asal terkenal dan banyak followers. Influencer sangat diminati untuk mempromosikan sebuah produk. Mulai dari usaha kecil hingga brand besar gencar melakukan promosi  atau endorse dengan cara ini. Karena jika tak tepat, brand milikmu bisa jadi taruhannya. Ini dia tips memilih influencer untuk promosi produk kamu :

  1. 1 Sesuaikan karakter influencer dengan produkmu


    Sesuaikan bisnis atau produk yang kamu promosikan dengan karakter influencer yang akan kamu ajak. Produk olahraga cocok diberikan kepada sporty influencer atau mereka yang punya hobi fitness atau berolahraga. Iklan yang bagus adalah iklan yang tidak tampak seperti iklan. Kalau produkmu adalah produk makanan, maka carilah influencer yang sering bikin konten terkait dunia kuliner. Hal ini penting untuk memastikan promosimu sampai ke audiens yang tepat.

  2. 2 Akun sosial media yang dimiliki


    Kamu harus memiliki strategi pemasaran media sosial mana yang cocok digunakan dan pesan yang akan disampaikan setiap media sosial untuk mecapai KPI dan target pasar yang di inginkan. Tak jarang, seorang influencer bisa saja memiliki berbagai akun media sosial seperti Instagram, Facebook atau pun Twitter. KPI diperlukan sebagai alat ukur perusahaan dalam mengetahui performa seorang influencer untuk tujuan marketing produk maupun brand.

  3. 3 Kualitas konten promosi


    Tujuan utama memanfaatkan influencer untuk promosi ialah mengenalkan produk kita ke customer agar tertarik membeli produk kita. Pilih influencer yang menghasilkan konten yang persuasif dan membuat konten baik caption, gambar ataupun video yang bisa membuat orang percaya melihat produk yang sedang dipromosikan. Influencer yang juga memanfaatkan call to action di caption juga akan membantu promosi berjalan. Follower dan teknik foto yang keren tidak menjamin nilai orang untuk tertarik. Oleh karena itu, kita harus riset mendalam tentang influencer yang akan diajak untuk bekerja sama.

  4. 4 Sesuaikan rate Influncer dengan budget yang kamu siapkan


    Influencer yang sudah memiliki personal brand bagus dengan followers banyak akan cenderung memasang rate tinggi untuk sekali promosi produk kita. Sesuaikan budget yang kamu miliki untuk memilih influencer yang tepat. Kadang, ada pula influencer yang mau menerima produk atau jasa produk tersebut sebagai pengganti rate influencer tersebut. Kamu juga bisa menerapkan imbalan yang diberikan berupa sistem komisi dari kodepromo yang digunakan para followers. Selain itu pilihan micro-influencer bisa menjadi alternatif buat kamu yang tidak terlalu memiliki budget besar untuk promosi.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

debrazuan

Text Trooper

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend