Beras ‘Putih’ Indonesia Dan Segala Masalahnya

Tingkat konsumsi beras yang luar biasa ternyata menimbulkan berbagai masalah di Indonesia


0
Share via
1 share

Penulis: M.Azmi Faizuddin.P


Pertanian merupakan bidang yang memiliki potensi besar di Indonesia mengingat negara ini merupakan negara agraris. 

Negara agraris merupakan negara yang mayoritas penduduknya memilki mata pencaharian dalam bidang pertanian. Salah satu hasil pertanian yang cukup besar baik dari kebutuhan maupun produksinya adalah beras. Beras adalah bagian bulir padi yang telah dipisah dari sekam. 

Beras sendiri sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia karena nasi, yang merupakan olahan beras adalah makanan pokok dari mayoritas penduduk, bahkan ada istilah 'jika belum makan nasi artinya belum makan.'

Jenis Beras Indonesia

Berbagai macam beras tersebar luas di Indonesia, salah satu yang menjadi konsumsi utama ialah beras putih. Ada beberapa tipe beras putih yang terkenal dan menjadi pilihan utama di Indonesia. Beras terkenal yang pertama adalah beras Pandan Wangi, beras ini merupakan beras yang berasal dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Beras ini bentuknya cenderung bulat, berwarna putih-bening dan sedikit kekuningan. Beras ini terkenal dan digemari karena rasanya serta teksturnya yang pulen dan aromanya yang wangi. 

Beras yang kedua adalah beras Mentik Wangi. Beras ini bentuknya bulat, warnanya kusam tapi tetap wangi aromannya. Beras ini memiliki kandungan gula yang rendah sehingga dapat membantu mengontrol gula darah. Ketiga ada Setra Ramos, beras ini umum ditemui di Indonesia dan dikonsumsi masyarakat luas. Banyak ditanam di Jawa Barat, beras ini bulirnya panjang dan tidak beraroma pandan. Ketika dimasak, beras ini bertekstur pulen, gurih, dan tidak lengket. 

Beras yang disebutkan diatas merupakan beras putih yang berkualitas tinggi. Sebenarnya, masih banyak lagi berbagai beras berkualitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Sayangnya masih banyak kendala dalam produksi beras – beras tersebut sehingga produksi beras tidak optimal dan memunculkan berbagai masalah.

Masalah Produksi Beras

Walaupun Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang memproduksi beras, tetapi import beras masih dilakukan. Hal ini disebabkan tingginya konsumsi masyarakat yang tidak sebanding dengan jumlah produksi. Akibatnya, pemerintah harus terus mengeluarkan dana untuk mengimport beras dari luar negeri. 

Pemerintah telah memberi kuota import beras untuk Perum Bulog hingga 2 juta ton. Mulai dari Januari hingga Agustus 2018, Bulog telah mengimpor beras mencapai 1,4 juta ton. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai impor beras tersebut mencapai US$ 700 juta dengan total 1.498.930.500 ton. Inilah dampak yang muncul dari sisi ekonomi dari tingginya konsumsi beras.

Masalah lain yang juga menjadi hambatan dalam produksi beras adalah kebutuhan lahan. Lahan pertanian semakin sempit karena sudah dialih fungsikan menjadi perumahan penduduk dan industri. Salah satunya pada Kabupaten Bekasi, lahan pertanian menyusut sekitar 1.500 hektare per tahun dimana pada 2014 masih ada 52.000 hektare, sementara pada 2017 jumlahnya berkurang menjadi 48.000. Lahan-lahan pertanian ini beralih menjadi kawasan perumahan ataupun industri.

Masalah Ketiga adalah cuaca di Indonesia. Seringkali petani terancam gagal panen akibat cuaca yang tidak menentu. Beberapa kawasan di Kalimantan Timur sudah terancam gagal panen. Diantaranya, Kecamatan Babulu yakni, 10.757 hektare, disusul Kecamatan Penajam seluas 2.472 hektare, Kecamatan Sepaku seluas 2.000 hektare, dan Kecamatan Waru dengan luasan 1.709 hektare. Ini semua diakibatkan oleh hujan yang tidak kunjung turun sejak bulan April 2018.

Dibutuhkan sebuah langkah yang efektif dan menyeluruh untuk bisa menyelesaikan masalah pertanian di Indonesia. Inilah yang harus dipikirkan lebih lanjut, tidak hanya pemerintah namun kita sebagai generasi muda untuk menemukan solusi yang tepat terutama dengan pengaplikasian teknologi yang semakin maju.


Like it? Share with your friends!

0
Share via
1 share

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

yooreka

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend