#BeraniBerbisnis Bareng Bapak Andi Simatupang

Tidak jarang calon founder memikirkan "apakah saya perlu memiliki kantor sebelum membuat usaha?", padahal kuncinya hanya #BeraniBerbisnis


0
Share via
34 shares

Kalau yooreaders berkunjung ke Estubizi Coworking Space di hari Senin, yooreaders akan menemukan mentor-mentor yang hebat dan berpengalaman.

Disana kamu bisa bertukar pikiran dan mentoring langsung dengan mereka. Salah satu mentor Estubizi yang hebat adalah Bapak Andi Simatupang. Berlatar belakang public relations serta perbankan selama kurang lebih 30 tahun, pak Andi biasa membimbing para peserta tentang product development, sales management, dan business strategic. Ia pernah bekerja di perusahaan besar seperti, Citibank dan Mastercard.

Pak Andi merasa interesting untuk menjadi mentor karena baginya mentor bukanlah seorang bos, tetapi temannya startup. Banyak hal-hal unik yang didapat selama menjadi mentor. Salah satunya ketika merekomendasikan nasihat, terkadang peserta yang dibimbing tidak ingin melakukan apa yang diberi tahu oleh mentor. Karena peserta yang dibimbing memiliki pilihan sendiri.

"Tetapi itu sudah pilihan dia, karena mentor bukan lah seorang boss", ucap Pak Andi saat ditemui di Estubizi.

Pak Andi sendiri sudah membimbing berbagai founder yang #BeraniBerbisnis, seperti founder produk sepatu, founder casing handphone, desainer mesin, founder produk tas, dan founder laundry sepatu. Ia memberikan semua ilmu yang dimiliki kepada para founder atau peserta yang dibimbing.

Kesulitan yang sering terjadi selama mentoring adalah menyatukan visi dan misi antara mentor dengan para founder. Mentor memang tidak ahli dengan bidang usaha yang peserta miliki tetapi mentor punya prinsipnya. Untuk itu, mentor juga perlu mempelajari dan mengikuti usaha bisnis para peserta yang dibimbing.

Mentor sangat penting bagi kalian yang sudah #BeraniBerbisnis. Kalau menurut pak Andi analogi mentor itu seperti orang tua, walaupun anaknya bisa mandiri tapi tetap butuh nasehat karena orang tua sudah merasakan asam garam dunia. Lebih baik belajar dari kesalahan orang lain daripada belajar dengan kesalahan sendiri.

Sumber: omniconvert.com

Entrepreneur atau founder yang akan membuat usaha dan startup perlu mental yang kuat. Kalau bisa mengikuti mentoring, seperti Founder Program yang diadakan oleh Estubizi. Karena dengan mentoring bisa mendapat informasi-informasi baru yang belum terpikirkan sebelumnya.

Kebanyakan peserta yang pak Andi temui adalah modal nekat yang ingin membuat startup tetapi tidak memiliki ide. Padalah calon entrepreneur seharusnya sudah memiliki ide. Walaupun belum punya ide setidaknya by the book, seperti riset pasar dan memperhitungkan modal dengan benar. Karena untuk membuat usaha atau startup dibutuhkan unique, value, proposition.

Tidak jarang calon pengusaha memikirkan "apakah saya perlu memiliki kantor sebelum membuat usaha?". Padahal kuncinya hanya #BeraniBerbisnis karena sekarang sudah banyak fasilitas coworking space yang bisa dimanfaatkan dan tidak perlu susah-susah menyewa kantor dengan harga mahal. Banyak manfaat yang didapat dari coworking space karena kita bisa bertemu banyak community dan tenant yang berkumpul dalam satu tempat sehingga bisa saling tukar pikiran. Karena masing-masing tenant memiliki keahlian di bidang yang berbeda sehingga antara satu dengan yang lain bisa saling belajar.


Like it? Share with your friends!

0
Share via
34 shares

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

messahendiani

Pen Rider

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend