Benarkah Daya Beli Masyarakat Indonesia Menurun? Atau Perilaku Konsumennya Yang Berubah?

Generasi millennials adalah penyebab utama perubahan perilaku konsumen yang terjadi


Sepinya pusat perbelanjaan saat ini diduga karena menurunnya daya beli masyarakat. Padahal, konsumsi adalah salah satu penopang utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia selain melalui ekspor. Hal ini juga didukung dengan angka pertumbuhan ekonomi yang hanya berada di kisaran 5% padahal target pemerintah saat ini adalah 7%.

Bada Pusat Statistik juga mencatat penjualan pakaian pada Idul Fitri tahun ini menurun hingga 15%. Tetapi, sepinya pusat perbelanjaan dan konsumsi yang menurun bukanlah satu-satunya acuan untuk menilai apakah kita memang mengalami penurunan daya beli.

Dilansir oleh Bisnis.com
(20/9/2017), menurut Ekonom Faisal Basri, penyebab sepinya pusat perbelanjaan adalah karena adanya perubahan perilaku masyarakat. Menurutnya, “Kalau dulu uang digunakan untuk beli baju, sekarang uang digunakan untuk beli HP dengan kamera bagus untuk selfie di tempat bagus, berwisata.”

Perkembangan e-commerce di Indonesia juga ternyata menyebabkan perubahan perilaku konsumen terutama generasi muda. Kemudahan dalam berbelanja yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun melalui smartphone membuat konsumen semakin mengurangi intensitas mereka keluar rumah hanya untuk berbelanja.

Sebetulnya, gaya hidup ini bukanlah sekedar perubahan perilaku semata. Generasi millennials yang saat ini paling banyak mengisi usia produktif ternyata memang memiliki kecenderungan yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Mereka saat ini lebih suka memanfaatkan penghasilan mereka untuk  membeli pengalaman dibandingkan membeli barang. 

Kedekatan anak muda dengan media sosial ternyata membuat mereka lebih suka melakukan traveling atau menonton konser. Selain itu, generasi muda saat ini juga beranggapan bahwa mapan secara fiansial artinya tidak memiliki hutang. Ini juga yang menyebabkan para anak muda sangat berhati-hati  dalam mengelola keuangan mereka dan lebih memilih berhemat agar bisa  berinvestasi. Banyaknya pilihan investasi yang tersedia seakan memfasilitasi pemikiran ini dan membuat banyak orang semakin mudah untuk ikut serta.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
1
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend