Bagaimana Tata Cara Berkomunikasi Dengan Dosen? Ini Tipsnya!

Ragu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan dosen, perhatikan hal ini


0
Share via
2 shares

Seringkali mahasiswa ragu atau sungkan untuk melakukan komunikasi dengan dosen, baik itu dosen mata kuliah, dosen wali atau dosen pembimbing. Akibat ragu dan sungkan akhirnya malah memilih untuk tidak bertanya. Padahal mereka memang membutuhkan komunikasi untuk menanyakan atau mengkonfirmasi suatu hal yang penting. Jika kalian termasuk kategori mahasiswa tersebut, coba perhatikan hal ini jika akan berkomunikasi dengan dosen:

  1. 1 Menghubungi di jam kerja (08.00-17.00)

    Terkadang mahasiswa tidak memperhatikan waktu ketika menghubungi dosen, seringkali ditemukan menghubungi dosen saat sebelum jam kerja atau bahkan lewat jam kerja. Sebaiknya perhatikan hal tersebut YooReaders hubungi di hari dan jam kerja yang sesuai, umumnya pada hari Senin-Jumat  dari pukul 08.00 hingga 17.00.

  2. 2 Menggunakan bahasa yang sopan

    Pergunakan bahasa Indonesia yang sopan, bisa dimengerti dan tidak disingkat-singkat. Jangan lupa untuk menyertakan salam pembuka seperti selamat pagi, siang atau sore.

  3. 3 Memperkenalkan diri

    Sebelum menyampaikan maksud dan tujuan menghubungi, sertakan nama jelas dan cantumkan bahwa kalian mahasiswa dari fakultas atau program studi apa. Hal itu akan memudahkan dosen untuk menjawab pertanyaan kalian, karena bisa jadi satu dosen mengajarkan lebih dari satu mata kuliah

  4. 4 Menyampaikan pertanyaan secara ringkas dan jelas

    Jangan menuliskan pesan yang terlalu panjang dan bertele-tele, siapkan poin pertanyaan yang ringkas dan jelas agar dosen bisa langsung mengetahui maksud dan tujuan pertanyaan kalian.

  5. 5 Jangan mengirim pesan berulang

    Jangan mengirimkan pesan berulang secara terus-menerus ketika beberapa saat belum terjawab. Belajar untuk bisa memperkirakan waktu, dan tetap berpikiran positif jika pesan kalian tidak dibalas di waktu yang sama. Jika tidak dibalas dalam waktu yang lama kalian boleh mengirimkan pesan ulang namun dengan jeda dan waktu yang tepat serta tetap memperhatikan tata bahasa yang sopan. 

    Jangan ragu untuk bertanya dan berkomunikasi dengan dosen untuk menanyakan hal-hal penting seputar perkuliahan yang memang hanya bisa dijawab oleh dosen. Sebaiknya sebelum melakukan komunikasi, pertimbangkan seberapa penting pertanyaan yang akan kalian ajukan. Jika memang dirasa perlu ditanyakan maka perhatikan tatacara seperti halnya penjelasan diatas.


Like it? Share with your friends!

0
Share via
2 shares

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend