Ayo bersihkan Earphonemu Agar Tidak Menjadi Sumber Penyakit

Penumpukan bakteri dan kotoran telinga di earphone meningkatkan resiko terjadinya infeksi telinga, jamur telingan, sampai jerawat.


1
Share via
1 share, 1 point

Siapa sih yang sekarang tidak menggunakan earphone, benda ini pastinya selalu dibawa kemana – mana oleh setiap orang. Di perjalanan ke kantor, liburan, di angkutan umum, bahkan di perjalanan pulang. Earphone akan membantumu untuk menghilangkan rasa suntuk dan mendengarkan musik dengan earphone-mu. Sebagai benda yang sering digunakan di telinga, penting sekali untuk kita menjaga kebersihan earphone. Kenapa? yuk kita bahas!

Kenapa kita perlu jaga kebersihan earphone?

Tau gak sih, earphone bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri di dalam telinga sampai 11 kali lipat? Mengingat kita meletakkan earphone dimana saja mulai dari tempat tidur, saku, tas, hingga di meja. Earphone yang kita gunakan pastinya sering terpapar bakteri dari luar. Tidak hanya itu, telinga sendiri pun sudah memiliki bakteri secara alami, ear wax, hinggal sel kulit mati di dalamnya. 

Penumpukan bakteri dan kotoran telinga di earphone meningkatkan resiko terjadinya infeksi telinga, jamur telingan, sampai jerawat. Maka dari itu, kita harus menjaga kebersihan earphone agar tidak menimbulkan kerugian bagi kesehatan telinga.

Cara membersihkan Earphone

Nah udah tau kan risikonya apa, gak mau kan kalau kamu akhirnya sakit karena earphone kamu kotor. Kalau begitu, yuk mulai sering bersihkan earphone-mu setidaknya satu minggu sekali. Ini dia caranya:

  • Pastikan earphone mu sedang tidak terpasang pada perangkat apapun.
  • Buat pembersih dengan campuran sabun cuci dan air hangat. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak sabun karena akan meninggalkan residu pada earphone
  • Celupkan kain lembut pada pembersih, peras hingga tidak ada air menetes, kemudian bersihkan secara perlahan pada bagian kabel dan kepala earphone.
  • Kalau kamu menemukan kotoran di bagian dalam kepala earphone, sikatlah menggunakan sikat gigi yang kering untuk mengangkat kotoran.
  • Jika earphone mu memiliki sarung silikon, pastikan untuk membukanya terlebih dahulu lalu bersihkan menyeluruh.
  • Setelah selesai dibersihkan, pastikan earphone dalam keadaan kering sebelum kamu gunakan kembali.

Itu dia langkah-langkah cara membersihkan earphone, bisa kamu lakukan di rumah nih yooreaders. Satu lagi nih! sebaiknya kamu jangan bertukar earphone dengan orang lain ya, untuk mencegah terjadinya penyebaran bakteri.



Like it? Share with your friends!

1
Share via
1 share, 1 point

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend