Atur THR Agar Tidak Buntung Setelah Hari Raya

Bagaimana Cara untuk Mengatur Keuangan Menjelang Hari Raya?


Sejak kecil kita selalu menantikan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Jika dulu kita mengidam-idamkan baju baru atau ‘amplop’ dari om dan tante tersayang, maka ketika kita sudah menjadi karyawan yang dinanti tentu THR dari kantor tersayang.

Ketika menerima THR, pasti sudah terancang hebat di kepala kemana investasi kesenangan pribadi yang menjadi pemberhentian rejeki satu tahun sekali ini. Namun jangan sampai setelahnya muncul penyesalan karena uang yang hilang entah kemana. Agar rejeki THR tahun ini tidak ‘menguap’, simak beberapa tips alokasi THR yang sebaiknya dilakukan.

pexels-photo-285172-1.jpeg

Batasi Pembelian Bingkisan Lebaran

Uang lebih yang kita dapatkan biasanya membuat gelap mata dan ingin membeli banyak barang. Alasan beli baju lebaran setahun sekali biasanya paling ampuh menjadi solusi pembenaran atas tindakan pemborosan ini. Menyenangkan keluarga sih boleh, tapi jangan berlebihan dan berikan alokasi yang jelas berapa yang akan dihabiskan untuk hal ini.

pexels-photo-407062.jpeg

Beli Barang Impian

Sesudah membeli baju lebaran untuk keluarga atau sanak saudara, biasanya kita sudah bersiap-siap untuk membeli barang yang diidam-idamkan, tetapi karena uang belum cukup maka ditunda hingga THR diterima. Hal ini sebenarnya tidak ada masalah, toh kita bekerja juga untuk menyenangkan diri sendiri. Tetapi hati-hati jangan sampai ketika berhasil membeli barang impian, tabungan dan THR menjadi habis sepenuhnya.

stockvault-please112059.jpg

Berbagi

Jatah untuk keluarga sudah, untuk diri sendiri juga sudah, lalu apalagi? Jangan pernah lupa bahwa di dalam rejeki kita ada bagian orang lain juga. Berbagai sedikit untuk orang yang membutuhkan atau anak yatim di sekitar kita tentu juga harus dilakukan. Ingat, membagi rejeki kita kepada orang lain tidak akan membuat kita menjadi miskin tetapi akan membuka pintu rejeki yang lebih banyak.

business-money-pink-coins.jpg

Ditabung

Sebanyak apapun THR yang kalian terima, jika semua langsung dihabiskan sekaligus tentu bukanlah hal yang baik. Sebelum belanja barang-barang untuk orang-orang tersayang, coba sisihkan paling tidak 20% dari THR kalian dan masukkan ke dalam tabungan. Dengan demikian, kalian masih akan memiliki simpanan yang tentunya akan berguna di masa depan, entah untuk membeli barang impian atau sekedar berjaga-jaga jika keadaan mendesak.

Investasi

Jika kalian tidak memiliki cicilan atau hutang kartu kredit yang menumpuk, ada baiknya mulai memikirkan untuk menyisihkan sedikit rejeki kalian untuk berinvestasi. Saat ini ada berbagai cara investasi dengan dana yang tidak terlalu besar dan bisa digunakan oleh siapapun. Menginvestasikan sebagian kecil THR, membuat kita akan terbiasa untuk tidak langsung menghabiskan uang dan disiplin untuk memutarnya kembali.

Dapat uang THR tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi karyawan. Walaupun demikian, kita tetap harus bijak dalam mengatur penggunaannya agar tidak boros atau bahkan jadi memiliki pengeluaran yang berlebihan.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend