Aruna Indonesia Dinobatkan Sebagai Most Social Impact Startup oleh Kemenristekdikti

Membantu para nelayan menjadi lebih sejahtera.


Sumber Gambar:  Instagram @telkomuniversity


Telah diselenggarakan pada Rabu, 10 April 2019 kemarin Indonesia Startup Summit 2019 oleh Kemenristekdikti di JIEXPO Kemayoran. Pada  acara ini menobatkan Startup yang menginspirasi dibagi 5 kategori yaitu The Most Inspiring Startup , The Most Social Impact, The Most Breakthrough Startup, The Most Growing Startup, dan The Most Competitive Innovation.

Aruna Indonesia berhasil meraih gelar The Most Social Impact Startup yang dinobatkan oleh Kemenristekdikti Bapak Mohamad Nasir. Keberhasilan Aruna ini bisa dilihat berdasarkan seluruh kegiatannya yang melibatkan para nelayan.

Sebelum menjadi se-sukses sekarang, Aruna pernah mengalami penurunan dan kegagalan juga tetapi Utari sebagai Founder mengatakan bahwa semenjak bekerjasama dengan para nelayan Aruna pun mulai bangkit lagi dan bisnisnya semakin lancar. Aruna membantu para nelayan untuk menjual ikan – ikannya dan diantar langsung kepada para pembeli. 

Startup ini kebanyakan kegiatan jual belinya melalui aplikasi, yaitu dimana di aplikasi tersebut para pembeli bisa memilih ikan apa yang akan dibeli, berapa kg, dan akan diantar kemana. Aplikasi ini juga bisa di akses dari para pembeli ekspor. Para nelayan pun bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melaporkan apa saja hasil tangkapannya sehingga bisa langsung diakses oleh para pembeli.

Utary sendiri berasal dari keluarga nelayan yang dulunya ia tinggal di Balikpapan yang menjadikannya seorang anak pesisir dimana mempunyai mimpi ingin mensejahterakan nelayan. Awal mula startup ini berdri karena sang founder Utary dan beberapa temannya berpikir ingin jual ikan sekilo dan bisa langsung diantar ke rumah pembeli. Akhirnya Utari dan 2 temannya pun mendirikan Aruna Indonesia.

Sebelum mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti, Utari mengaku sempat melakukan penjualan ikan sendiri lalu beberapa bisnis yang tidak berkaitan dengan ikan pun tetap dilakukan oleh team Aruna agar bisnis tetap berjalan. Aruna pun ikut beberapa lomba agar bisa mendapatkan uang.

Awalnya Aruna hanya memiliki klien di sekitar Jawa Barat saja untuk meminimalisir budget, kemudian semenjak dapat pendanaan dari Kemenristekdikti akhirnya Aruna mulai berani untuk mengirim keluar Jawa. Pertama kali Aruna melebarkan sayapnya ke Kalimantan, kenapa? karena Utari asal dari Kalimantan Utari pun memanfaatkan waktu pulang kampungnya untuk menjalin kerjasama dengan nelayan disana. 

Ditemui pada Indonesia Startup Summit 2019 Utari menceritakan kendalanya selama menjalani bisnis perikanan, dulunya Aruna sangat susah sekali untuk mengirim hasil - hasil ikan karena tidak memiliki fasilitas untuk kirim mengirim sekarang akhirnya Aruna bisa mengirim ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri dengan fasilitas logistik yang telah dimiliki dan kerjasama beberapa pihak yang membantu proses pengiriman. Sekarang Aruna sudah meluas dan memiliki 15 titik seindonesia dan sekitar 20.000 nelayan yang connect  dengan Aruna dimana hasilnya sudah bisa diekspor ke berbagai negara. 

Selain itu dunia bisnis perikanan Aruna pun tidak terlepas dengan persaingan dengan 'Tengkulak', Utari mengatakan ia sering sekali bertemu dengan tengkulak di lapangan, dan mengalami sedikit perkelahian tetapi Utari mengaku tengkulak memang sulit untuk dihilangkan maka Aruna mengajak para Tengkulak untuk bekerjasama tetapi tidak semua Tengkulak ingin bekerjasama dengan Aruna. Para Tengkulak yang tidak menjadi partner dengan Aruna, mereka anggap hanya pesaing bisnis saja yang memang tidak bisa disingkirkan. 

Pada saat menerima penghargaan The Most Social Impact, Utari mengatakan penghargaan ini ia persembahkan untuk para Nelayan yang telah bekerjasama dengan Aruna Indonesia. Semoga dengan adanya Aruna semakin banyak nelayan yang terbantu dan semakin sejahtera.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
1
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
2
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend