Apa Sih Bedanya IELTS dan TOEFL? Mana Yang Lebih Baik?

Masih banyak yang bingung mana yang lebih berguna untuk kita, TOEFL atau IELTS?


Kamu pasti sudah sering mendengar TOEFL sebagai sertifikasi bahasa Inggris yang umum diperlukan untuk melamar kerja. Tapi selain TOEFL, masih ada satu sertifikat lagi yang juga umum digunakan yaitu IELTS. Lalu apa sih bedangnya TOEFL dan IELTS? Agar tidak bingung, yuk kita bedah satu persatu.

TOEFLatau Test of English as a Foreign Language merupakan ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika). Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) yang berpusat di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

Pada dasarnya tes ini ditujukan untuk menguji kemampuan bahasa mahasiswa asing yang akan masuk ke Universitas di Amerika dan Canada. Tetapi seiring berkembangnya jaman, TOEFL dijadikan persyaratan bagi para pelamar kerja. Untuk lebih detail, kalian bisa membaca lebih lanjut mengenai TOEFL dan pentingnya untuk melamar kerja di sini.

IELTS

IELTS merupakan singkatan dari International English Language Testing System. IELTS adalah tes internasional kemampuan bahasa inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Cambridge, British Council dan IDP Educational Australia.

Secara umum tes IELTS dibagi mejadi dua yaitu: 

  1. IELTS Academic Version, ditujukan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Serta bagi para ahli atau profesional seperti tenaga kesehatan dokter dan perawat yang ingin praktek di negara-negara Eropa dan persemakmuran Inggris yang berbahasa Inggris.
  2. IELTS General, tes IELTS ini ditujukan bagi kamu yang berencana untuk melakukan pelatihan non-akademik atau untuk mendapatkan pengalaman kerja, magang, atau untuk tujuan imigrasi ke negara-negara yang menggunakan bahasa inggris.

Walaupun IELTS dibuat oleh lembaga yang berbasis di Inggris, tapi bukan berarti IELTS tidak diterima di negara lain. IELTS saat ini umum diambil oleh orang yang sedang mencari beasiswa untuk keluar negeri sebagai bagian dari persyaratan.

TOEFL atau IELTS?

Untuk TOEFL dan IELTS sebenarnya memiliki bobot kesulitan yang bisa dibilang sama. Keduanya memiliki jenis soal yang mirip yaitu; listening, reading, speaking, dan writing. Perbedaan yang paling menonjol adalah sistem penilaian yang nanti akan diberikan. TOEFL akan menilai kemampuan berbahasa Inggris untuk kepentingan akademik, sedangkan IELTS menilai tidak hanya untuk akademik tetapi juga kemampuan penggunaan secara umum. 

Ini sebabnya IELTS juga memasukan tes komunikasi interaktif dengan native speaker secara tatap muka. Selain itu, pertanyaan pada test TOEFL hampir semuanya adalah pilihan ganda, sedangkan IELTS banyak bersifat isian dan juga esai. Pada sesi listening juga ada perbedaan logat dimana TOEFL menggunakan logak Amerka-Inggris sedangkan IELTS menggunakan aksesn beragam (UK, Amerika, Kanada, Australia). Sebelumnya banyak yang mengira bahwa hasil test TOEFL dan IELTS akan berpengaruh kepada negara tujuan untuk studi. Misalnya saja jika kamu ingin ke UK, Australia dan Selandia Baru maka kamu mengambil IELTS dan jika ingin ke Amerika Serikan kamu memilih TOEFL. Tapi sebenarnya tidak begitu, semua tergantung pada persyaratan universitas atau perusahaan yang dituju. Jadi, pelajari lebih lanjut mana yang dibutuhkan sebagai persyaratannya ya!


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
0
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend