Apa Itu Endorsement dalam Advertising?

Endorsement adalah cara mudah bagi suatu merek untuk melekatkan dirinya pada perasaan positif yang terkait dengan seorang selebriti atau profesional industri.


Selama beberapa tahun terakhir, ada banyak seali iklan endorsement. Dari mulai bintang film, musisi, dokter hingga atlet menjadi bagian utama dari industri periklanan. Ketika suatu produk atau layanan memilih untuk menyesuaikan diri dengan seseorang yang terkenal, atau seorang ahli di bidang itu, mereka mengambil jalan pintas ke penghargaan, dan kredibilitas. Misalnya, kamu mungkin tidak pernah memikirkan merek makanan tertentu. Tetapi ketika seorang atlet medali emas Olimpiade yang kamu kenal keluar dan mengatakan mereka memakannya, pasti kamu langsung ingin membelinya.

Dengan kata lain, endorsement adalah cara mudah bagi suatu merek untuk melekatkan dirinya pada perasaan positif yang terkait dengan seorang selebriti atau profesional industri.

Jenis Endorsemet

Ada empat jenis endorsement sebagian besar dibayar, yang tersedia bagi merek. Kadang-kadang juga ada yang gratis dengan perjanjian pertukaran benefit.

  • Menggunakan Produk atau Layanan

Ini mungkin yang paling umum dalam olahraga dan fashion. Misalnya, Kobe Bryant dan Michael Jordan dibayar jutaan dolar untuk terlihat mengenakan sepatu Nike. Brand medis akan membayar dokter, dokter gigi, dokter, dan profesional medis terhormat lainnya kepada dunia bahwa mereka menggunakan produk tertentu.

  • Berbicara Atas Nama Merek (alias Testimonial)

Muncul dalam iklan untuk suatu produk atau layanan adalah cara populer lainnya bagi suatu brand untuk menggunakan endorsement. Banyak selebritis besar melakukan ini untuk mendapatkan jutaan dolar tambahan setiap tahun meskipun sebagian besar memilih untuk mendukung produk yang tidak terlihat di negara ini. 

Misalnya, Arnold Schwarzenegger telah mendukung berbagai produk Jepang. Ini sering merupakan pilihan yang baik karena jika seorang selebriti jatuh karena kasih karunia, citra mereka di luar negeri lebih terlindungi dari pers negatif daripada di Amerika Serikat.

  • Unpaid Testimonials

Pengiklan memiliki pilihan membayar seseorang untuk menulis atau mengatakan sesuatu yang dapat mendukung brand tersebut, tetapi bahkan lebih baik ketika testimonial itu sepenuhnya gratis. Ini dapat terjadi dalam beberapa cara. Seorang blogger terkenal, YouTuber, profesional, atau selebriti, dapat mengatakan sesuatu yang positif tentang merek tersebut.

Contoh terkenal ini berasal dari Inggris. Ketika koki TV Delia Smith menggunakan jenis peralatan memasak tertentu pada acara memasaknya, penjualan untuk model khusus itu meningkat sepuluh kali lipat pada hari berikutnya. Jika blogger yang diikuti dengan baik memberikan ulasan yang bersinar pada sebuah restoran, bisnis (setidaknya setelahnya) akan booming.

  • Endorsement Palsu

Ini bukan untuk menyiratkan sesuatu yang ilegal terjadi. Ini hanya merujuk pada jenis endorsement yang berasal dari aktor yang dibayar juru bicara untuk semuanya, mulai dari perusahaan rental mobil hingga produk pembersih rumah tangga tertentu. 

Sang influencer ini dapat muncul sebagai keluarga yang menjelaskan betapa hebatnya produk ini atau tampak sebagai profesional medis yang mengenakan jas lab putih. Mereka harus diidentifikasi sebagai aktor dalam iklan-iklan ini, bahkan jika mereka berbicara dengan kata-kata keluarga atau dokter sungguhan, dan karena itu kekuatan dukungan semacam ini jauh lebih lemah daripada tiga lainnya. Sangat sedikit orang menonton iklan yang menampilkan aktor dan berpikir produk akan sebagus yang dinyatakan.

Itu dia beberapa jenis endorsement dalam dunia periklanan. Saat ini endorsement sering terjadi dalam dunia sosial media yang dilakukan oleh para influencer. Sudah tak aneh lagi sekarang influencer bisa mempromosikan brand tertentu, dan seorang influencer sekarang sudah menjadi media beriklan yang bisa dibilang cukup berpengaruh daripada iklan cetak.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Naura Fadhila

Word Conqueror

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Send this to a friend