Andrew Griffiths: Inspirasi Konten Tidak perlu Luar biasa

Inspirasi bisa datang dari hal yang paling sederhana


Tantangan terbesar bagi seorang  pembuat konten adalah mendapatkan inspirasi atau ide untuk apapun yang ingin mereka tuangkan. Kita sering  kali berpikir bahwa sebuah konten haruslah berasal dari ide yang mengguncang dunia. Banyak orang sering kali terjebak dengan pikiran ini selama bertahun-tahun dan akhirnya berujung pada pendapat bahwa membuat sebuah konten sangatlah melelahkan dan membutuhkan kerja keras  hanya untuk menemukan ide untuk sebuah artikel yang diburu deadline.

Menurut Andrew Griffiths, untuk menemukan sebuah konten yang menarik, sering kali dia hanya menuliskan apa yang dilihat, apa yang dialami,  dan apa yang disadari setiap harinya. Walaupun hal ini terdengar terlalu mudah, tetapi bagi banyak orang melakukan hal seperti ini sangatlah sulit. Untuk alasan tertentu, Andrew dulunya kurang menghargai apa yang dia alami dan apa yang dilihat sehari-hari. Andrew Griffiths sendiri adalah seorang pengarang buku terkenal dan penulis untuk berbagai media  dunia, serta mentor TEDx yang menginspirasi banyak anak muda.

“Kita tidak akan pernah sadar betapa luar biasanya apa yang kita tulis sampai mendapatkan respon yang bagus dari para pembaca,” begitu menurut  Andrew.

Respon paling umum yang didapat dari orang lain adalah merasa memiliki kesamaan dengan tulisan yang dibuat. Contohnya; "Rasanya seperti apa yang aku pikirkan," atau "Terima kasih  karena telah memberikan inspirasi atas apa yang aku hadapi," dan  ungkapan lainnya. Semenjak itu, Andrew mulai menghargai apa yang dia rasakan sehari-hari, karena jika tulisannya bisa menginspirasi orang  lain atau paling tidak membuat pembacanya senang dengan apa yang dia  tulis, maka konten yang dibuat sudah menjadi sesuatu yang sangat  berharga.

Dan selama 20 tahun terakhir, ternyata hal ini bisa dibilang sebuah filosofi yang berhasil. Ketika Andrew ingin menulis sesuatu, maka dia akan berhenti sejenak dan membayangkan kembali selama beberapa menit apa yang sudah terjadi dalam kehidupannya dalam beberapa waktu terakhir. Atau, kita juga bisa membayangkan hal yang kira-kira menarik dengan harapan orang yang  membaca apa yang kita tulis tidak hanya tertarik tetapi juga bisa  membantu mereka. 

Selama bertahun-tahun Andrew telah melakukan hal ini, dan tanpa disadari  dirinya menjadi semakin terbiasa untuk mencari cerita yang menarik, melakukan observasi, atau menyadari banyak hal dari apa yang terjadi  dalam kesehariannya. 

Kebiasaan ini juga membuatnya semakin mudah untuk membuat berbagai macam artikel dalam bentuk blog, artikel, konten video, episode podcast atau konten apapun yang dibutuhkan tergantung dari sisi mana yang dia lihat.

Saran dari Andrew sederhana sekali, Jika kita ingin ahli dalam membuat  konten, maka kita harus ahli dalam memperhatikan banyak hal yang terjadi disekitar kita. Biasakanlah untuk melakukan hal ini maka kita tidak akan pernah kesulitan dalam membuat sebuah kontent.


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Senang Senang
0
Senang
Takut Takut
0
Takut
Terinspirasi Terinspirasi
1
Terinspirasi

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF

Send this to a friend